20 MANFAAT DAUN MENGKUDU / PACE BUAT LOVEBIRD DAN CARA PEMBERIANNYA





Tak banyak yang tahu kalau sebenarnya buah mengkudu, alias buah noni, merupakan bagian dari spesies keluarga kopi. Buah hijau eksotis seukuran kentang ini sendiri memang tidak enak rasanya dan mengeluarkan bau busuk yang sedikit tajam, sehingga lebih sering dikonsumsi dalam bentuk jus maupun suplemen makanan. Meski penampilannya yang kurang menggoda selera, ternyata ada banyak manfaat buah mengkudu untuk Lovebird yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya.

Manfaat buah mengkudu atau pace sudah terdengar ke mana-mana. Buah ini dipercaya mampu menanggulangi berbagai jenis penyakit kronis pada tubuh manusia. Tak hanya buahnya saja, bagian daun mengkudu atau pace juga memiliki banyak khasiat untuk manusia maupun burung Lovebird.


Mengkudu atau pace mempunyai nama latin Morinda citrifolia L. dan masuk dalam family Rubiaceae. Di dalam daun mengkudu terdapat antioksidan dan kandungan lain, seperti selenium, xeronine, glikosida, vitamin A, terpenoid, dan masih banyak lagi.

Selain Lovebird, burung yang bisa mengonsumsi daun mengkudu cukup banyak, di antaranya burung Kenari, burung Pleci, Kacer, Murai Batu, Cucak Ijo, Cendet.



16 Manfaat daun mengkudu atau pace untuk Lovebird menurut koppast.com :

1. Daun mengkudu dapat menyembuhkan serak
2. Daun mengkudu mampu meningkatkan volume suara
3. Daun mengkudu menjadikan Lovebird cepat gacor
4. Daun mengkudu dapat mengatasi suara yang ngeriwik agar cepat ngeplong
5. Daun mengkudu membuat Lovebird lebih rajin berkicau dan bersuara lebih nyaring
6. Daun mengkudu bisa melancarkan fungsi pencernaan
7. Daun mengkudu membantu meningkatkan kesuburan indukan
8. Daun mengkudu membuat telur Lovebird lebih besar
9. Daun mengkudu dapat meningkatkan daya tetas telur
10. Daun mengkudu dapat mempercepat umur dewasa kelamin Lovebird
11. Daun mengkudu mampu mengobati sakit tenggorokan
12. Daun mengkudu membantu menjaga stamina Lovebird
13. Daun mengkudu dapat mengurangi stres
14. Daun mengkudu memberi rasa tenang dan nyaman pada Lovebird
15. Daun mengkudu mampu mengatasi Lovebird yang gemukan atau obesitas
16. Daun mengkudu memiliki sifat anti alergi untuk mengusir berbagai jenis gejala alergi akibat asupan pakan tertentu atau polusi udara


4 Manfaat daun mengkudu atau pace untuk Lovebird menurut kicau-burung.com :

1. Daun mengkudu/ pace bermanfaat untuk meningkatkan stamina lovebird

Zat terpenoid yang terkandung dalam daun mengkudu sangat baik untuk meningkatkan stamina lovebird. Hal tersebut sebenarnya sudah diturunkan oleh orang tua terdahulu yang memanfaatkan daun mengkudu untuk meningkatkan stamina unggas. Jadi daun mengkudu tersebut bukan hanya untuk burung lovebird saja, melainkan untuk semua jenis unggas seperti ayam, bebek, dan bermacam burung kicauan lainnya.

2. Daun mengkudu atau pace untuk meningkatkan volume suara lovebird

Pemberian daun mengkudu pada lovebird secara teratur mampu mengobati serak pada lovebird, meningkatkan kualitas dan volume suara, serta membuat lovebird menjadi rajin berkicau dan ngekek panjang. Hal inilah yang cukup menjadi alasan paling mendasar bagi para lovebird mania untuk selalu memberikan daun mengkudu pada lovebird kesayangan mereka.

3. Daun mengkudu atau pace melancarkan pencernaan unggas

Manfaat daun mengkudu ternyata juga dirasakan bukan hanya untuk burung lovebird saja, melainkan untuk hampir semua macam jenis unggas. Sebab daun mengkudu dipercaya mampu membantu melancarkan pencernaan unggas, hal tersebut saya dapatkan dari penuturan salah satu saudara saya yang kebetulan memelihara beberapa macam unggas.

4. Daun mengkudu atau pace sebagai obat anti alergi

Tidak hanya manusia saja yang bisa terkena penyakt alergi, burung lovebird pun juga bisa terserang alergi. Pemberian daun mengkudu alias daun pace terhadap lovebird sangat baik untuk mencegah sekaligus mengobati lovebird dari alergi. Itulah sebabnya kenapa daun mengkudu disebut sebagai obat anti alergi burung lovebird.



Cara pemberian daun mengkudu atau pace untuk Lovebird

1. Daun mengkudu digantung di dinding sangkar

Daun mengkudu dapat diberikan ke Lovebird layaknya daun sawi. Anda cukup mengambil selembar pucuk daun mengkudu yang masih muda. Kemudian bersihkan daun tersebut menggunakan air, lalu gantung di dinding sangkar. Anda bisa memberikan daun mengkudu untuk terapi kesehatan burung. Jadi, berikan 2-3 kali selama satu minggu, jangan setiap hari.


2. Daun mengkudu ditumbuk

Pemberian daun mengkudu dengan cara ditumbuk cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan tiga lembar daun mengkudu muda (warna hijau kekuningan). Setelah itu, tumbuk daun tadi sampai halus. Lalu, tuangkan air mineral sambil diperas. Nah, perasan air daun mengkudu tersebut diberikan ke Lovebird. Cara ini cocok untuk semua jenis burung, seperti Lovebird, Kenari, Kacer, Murai Batu, Pleci, Cendet, dan Cucak Ijo.

3. Daun mengkudu direbus

Daun mengkudu juga dapat direbus. Cara pemberiannya, siapkan tiga lembar daun mengkudu muda. Selanjutnya, tambahkan dua gelas air dan rebus sampai airnya tinggal sedikit (setengah gelas atau segelas). Setelah itu, dinginkan sebentar tapi jangan dimasukkan kulkas. Kalau sudah dingin berikan ke burung Lovebird sebagai minuman.


Itulah beberapa manfaat daun mengkudu atau pace untuk burung Lovebird lengkap dengan cara pemberiannya. Semoga bermanfaat.

referensi :
-https://koppast.com/manfaat-daun-mengkudu-pace-untuk-burung-kicauan-serta-cara-pemberiannya/
-https://www.kicau-burung.com/2017/05/manfaat-daun-mengkudu-pace-untuk.html


Pencarian :
cara pemberian daun mengkudu buat lovebird
cara meracik daun mengkudu untuk lovebird
cara pemberian buah mengkudu untuk lovebird
rebusan buah mengkudu untuk lovebird
cara meracik buah mengkudu untuk lovebird
racikan buah mengkudu untuk lovebird
manfaat buah mengkudu untuk burung
manfaat daun mengkudu untuk burung

0 Response to "20 MANFAAT DAUN MENGKUDU / PACE BUAT LOVEBIRD DAN CARA PEMBERIANNYA"

Posting Komentar