4 Penyebab Lovebird Macet Bunyi dan Cara Mengatasinya





Beberapa pecinta lovebird kebingungan saat burung kesayangannya yang biasa gacor tiba-tiba macet bunyi, dilihat dari kondisi kesehatan burung tersebut sehat dan tetap lincah, namun lovebird tidak mau mengeluarkan suara khasnya "ngekek" meski sudah dilakukan perawatan yang benar dan tidak merubah pola rawatannya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lovebird macet bunyi :
  • Lovebird yang dipaksa tiap hari tempur terus menerus 
  • Kondisi mabung yang tidak selesai 
  • Usia lovebird yang saatnya untuk bertelur 
  • Lovebird mengalami rasa bosan dan jenuh 
dari 4 poin diatas adalah faktor yang mempengaruhi lovebird tiba-tiba macet bunyi, padahal sebelumnya lovebird tersebut sangat gacor dan rajin ngekek.

Jadi bagaimana solusinya ? oke kita akan membahas solusinya dan mungkin bisa diterapkan untuk lovebird yang mecet bunyi.

Cara Ampuh dan Rahasia Atasi Lovebird Macet Bunyi


1. Lovebird yang dipaksa tiap hari tempur terus menerus

Lovebird juga adalah mahkluk hidup sama seperti manusia, diamana lovebird juga mempunyai rasa jenuh dan bosan, bagaimana itu terjadi?

Hal yang paling sering dilakukan oleh khususnya pemain pemula adalah ketika lovebird terlihat gacor maka sang lovebird tiap hari dibawa kelapangan untuk digantang, mungkin pada masa awal-awal lovebird tidak kenal lelah dengan hal tersebut. Namun lama kelamaan ketika lovebird merasa bertemu dengan musuh yang itu-itu saja dan melihat lapangan yang sering ia kunjungi sang lovebird mulai merasa jenuh dan malas dikarenakan lovebird merasa sudah sering bertemu dan saling melihat.

Sebagai contoh ketika lovebird berada dirumah yang sering bertemu dengan lovebird lainnya yang juga satu rumah maka lovebird akan malas mengeluarkan suaranya, paling-paling sahut-sahutan saja dan kalaupun ngekek akan terlihat berbeda ketika lovebird sedang digantang dilapangan dengan gaya siap tempur. Artinya lovebird sudah sering mengalami pertemuan dengan lovebird lainnya yang berada dalam satu rumah dan lovebird hafal akan suara teman-temannya dirumah.

Kalau anda tidak percaya coba anda lakukan menggantung lovebird yang sudah satu rumah bersebelahan, maka hasilnya lovebird-lovebird akan terlihat jarang ngekek, dan kemudian coba untuk bawa keumah teman anda untuk menggantung lovebird anda diantara lovebird teman anda, pasti hasil ngekek lovebird akan berbeda karena lovebird anda tidak pernah bertemu atau sering bertemu dengan lovebird teman anda sebelumnya. itu lah hal yang memacu lovebird untuk mengeluarkan suaranya.

Kemudian kondisi lingkungan atau tempat yang sering lovebird kunjungi, sang lovebird akan merasa tempat ini sudah biasa, apalagi jika terus menerus membawanya ketempat yang sama dengan musuh-musuh yang sama, maka lovebird anda akan terlihat banyak diam dengan kenyamanan dan keterbiasaan lingkungan dan musuh tersebut.

Coba untuk membawanya ketempat yang berbeda dan musuh yang berbeda supaya lovebird merasa bertemu musuh lain di lingkungkan yang ia rasa untuk berani menguasai lingkungan tersebut. Lovebird akan mengeluarkan suaranya untuk saling melawan sebagai tanda menguasai tempat tersebut.

Pesan : Jangan terlalu sering menggantang lovebird anda, usahakan maksimal 3x dalam 1 minggu ditempat yang berbeda, untuk lebih baiknya 1 minggu 1x saja. Agar lovebird tidak jenuh dan bosan bertarung.


2. Kondisi Mabung Yang Tidak Selesai



Pada kondisi mabung sering juga terlihat pada pemain-pemain lovebird pemula yang memaksa lovebirdnya untuk bunyi "mungkin hanya punya satu lovebird atau lovebird tersebut dirasa paling joss" dan bertarung di gantangan, lovebird yang sebelumnya gacor ketika bulu mulai berjatuhan sang pemilik tetap memaksa dan hasilnya lovebird akan jatuh mentalnya ketika bertemu dengan lovebird dengan kondisi baik dan menyebabkan anda macet bunyi akhirnya nanti.

Pada masa ini "mabung" pada unggas tidak memiliki kondisi yang baik dan prima, meski pada lovebird ketika mabung akan tetap terlihat lincah dan mau bunyi. tetapi ketika kita melihat lovebird tetap bunyi "ngekek" pada kondisi mabung bukan suatu hal untuk membawanya kelapangan dan masuk kepetarungan. Mungkin 1 - 2 kali lovebird akan tetap mau untuk bertarung ketika bertemu musuh yang dianggap lovebird berada dibawahnya, tapi satu hal ketika lovebird bertemu dengan musuh yang tangguh dan lebih kuat maka lovebird yang sedang ganti bulu "mabung" akan jatuh mentalnya. Karena pada masa mabung hormon pemicu pada burung dalam kondisi menurun.

Pada masa mabung ini juga ketika lovebird sering di adu atau di bawa kesana-kesini maka sang lovebird tidak akan fokus terhadap pergantian bulunya dan mengalami stres tingkat rendah (stres ini tidak akan terlihat pada kita karena lovebird akan tetap terlihat lincah). Jika lovebird sudah mengalami mabung yang tidak selesai maka dipastikan lovebird untuk kedepannya akan macet bunyi.

Pesan : istirahatkan loveird tersebut sampai lovebird kembali mabung dan biarkan lovebird mabung sampai selesai, berikan masteran sesuai karkter suara lovebird anda.



3. Usia Lovebird Yang Saatnya Untuk Bertelur

Lovebird yang biasa dibawa kelapangan rata-rata lovebird betina "meski tidak semuanya", Pada masa lovebird beranjak dewasa dan sudah memiliki batas umur untuk bertelur, lovebird tidak juga di telurkan atau diberi pasangan. maka hormon yang terdapat pada lovebird ahirnya memuncak dan memicu over birahi (OB) pada lovebird. Nah ini sering sekali terjadi dikalangan pemain lovebird yang mengalami burung kesayangannya over birahi.
Pada masa ini lovebird tetap lincah dan tetap mau bunyi namun lovebird akan terlihat sangat agresif ketika dibawa kelapangan lovebird ingin mengejar-ngejar lovebird lain atau mengapal (lovebird betina) untuk minta dikawinkan oleh lovebird lain. Hasil yang didapat ketika menggantang lovebird tersebut tidak akan maksimal karena lovebird kebanyakan minta kawin dan ngejeruji sana-sini pada dinding snagkarnya dari pada bunyi "ngekek".

Untuk hal seperti ini banyak pemain lovebird pemula yang terus memaksa lovebirdnya bertarung dan akhirnya lovebird terbiasa menjadi agresif dan malas bunyi. ini perlu dihindari hal-hal seperti ini.

Ketika lovebird sudah masuk ke batas masanya untuk bertelur, biarkan lovebird bertelur dengan sendiri nya. Jangan diberi pasangan untuk kawin karena jika lovebird diberi pasangan untuk kawin setelah bertelur dan punya anak lovebird hanya akan mau bertarung sebentar saja mungkin hanya dalam waktu satu bulan, selebihnya lovebird akan kembali over birahi dan minta pasangan lagi.

Usahakan lovebird bertelur sendiri tanpa dikawinkan, karena pada beberapa jenis unggas dapat bertelur sendiri meski tidak dikawinkan oleh pasangannya.

Bagaimana supaya lovebird dapat bertelur sendiri?

Berikan lovebird makanan yang memacu birahi, gantung lovebird anda drumah bersebelahan dengan lovebird jantan "namun jangan saling melihat" berikan sekat diantaranya (lovebird cukup mendengar kicauan saja). ketika saatnya bertelur maka dengan sendirinya lovebird bertelur didalam sangkarnya. biarkan lovebird bertelur sampai selesai.


4. Lovebird Mengalami Rasa Bosan dan Jenuh



Untuk poin nomor 4 ini ketika lovebird merasa bosan dan jenuh, maka sang pemilik atau perawatnya harus bisa mencari cara agar lovebird tidak merasa bosan. Biasanya lovebird bosan didalam sangkarnya terus maka hal yang harus dilakukan adalah lepaskan lovebird ke dalam kandang koloni dalam satu hari saja atau lepaskan lovebird pada kandang umbaran agar lovebird dapat berinteraksi secara langsung dengan lovebird lain atau lovebird dapat terbang kesana-kemari sesukanya (tahap ini juga dapat melatih nafas lovebird). Untuk cara ini cukup lakukan 2 minggu satu kali saja (memasukkan ke kandang koloni) dan 1 minggu sekali (untuk di kandang umbaran).

Berikan lovebird mainan atau gigitan kayu lunak kedalam sangkarnya suapaya lovebird tidak jenuh dan mendapat mainan didalam sangkarnya.

Semoga berbagi pengalaman ini dapat membantu para pemain lovebird pemula khususnya, agar tidak salah dalam merawat lovebird-lovebirdnya ketika lovebird macet bunyi. Pahami karakter lovebird anda dan terus lah mempelajarinya.






http://masdawai.blogspot.com/2017/01/cara-ampuh-dan-rahasia-atasi-lovebird.html


0 Response to "4 Penyebab Lovebird Macet Bunyi dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar