14 Tips dan Manfaat Terapi Air Hujan Untuk Lovebird




Air hujan memang sering dihindari oleh sebagian besar manusia. Karena air hujan dipercaya tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia. Tetapi ada beberapa jenis burung yang habitat aslinya menyukai mandi dengan air hujan. Terutama pada waktu hujan ringan rintik - rintik atau gerimis kecil. Selain itu ada juga beberapa jenis burung yang menyukai suara gemericik yang muncul ketika hujan datang.

Bukti nyata dari sebagian burung menyukai air hujan yaitu ramainya suara kicau yang terdengar ketika hujan mulai turun. Tak terkecuali salah satu burung menyukai hujan yaitu Lovebird. Hujan juga bermanfaat untuk untuk merontokkan segala kotoran yang menempel pada tubuh dan bulu dari Lovebird.

Namun ketika hujan turun dengan derasnya, Di habitat aslinya Lovebird akan mencari tempat aman seperti akan masuk ke sarangnya yang berupa lubang lubang pada pohon. Dan dengan mengembangkan bulu bulunya yang mengandung zat minyak anti air untuk menghindari Lovebird basah kuyub.


Ada beberapa manfaat dari terapi air hujan ini. Diantaranya :
1. Meningkatkan metabolisme burung Lovebird.
2. Menghilangkan stress pada Lovebird.
3. Meningkatkan birahi lovebird.



Berikut 14 tips agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari terapi air hujan ini, diantaranya :


  1. Lakukan terapi air hujan hanya pada waktu hujan gerimis / hujan ringan.
  2. Jangan dilakukan pada waktu hujan deras.
  3. Hindari hujan yang disertai angin kencang.
  4. Terapi ini hanya dilakukan pada Lovebird yang sehat.
  5. Jangan memaksakan lovebird yang kondisinya sedang tidak sehat, karena resikonya yang tinggi.
  6. Hindari hujan direntang siang hingga sore hari, karena hujan pada waktu ini mengandung zat asam yang berbahaya untuk kesehatan Lovebird.
  7. Disarankan menggunakan hujan yang turun di pagi hari.
  8. Gunakan lah kandang burung yang kuat, agar tidak rusak ketika kena hujan.
  9. Dalam mempercepat penjodohan, masukkan sepasang lovebird dalam satu kandang yang sama, dan biar mereka bermandi bersama selama 10 hingga 30 menit.
  10. Untuk lovebird yang masih giras / masih takut bila ada manusia. Metode terapi hujan bisa menjadi metode alternatif untuk menjinakkan burung Lovebird.
  11. Metode ini cukup dengan durasi 10 menit agar burung Lovebird tidak kedinginan.
  12. Setelah melakukan terapi hujan, harap lovebird di angin anginkan di teras rumah. Pada waktu ini, lebih bagus memberi makan favorite lovebird seperti kangkung maupum biji bunga matahari
  13. Jangan lakukan terapi air hujan setiap hari, alangkah baiknya seminggu sekali maupun 2 minggu sekali.
  14. Terapi air hujan bisa dilakukan tanpa menunggu air hujan turun, yaitu dengan cara membuat hujan buatan menggunakan shower.



Itulah tadi penjelasan dari Manfaat dari terapi air hujan untuk Lovebird beserta 14 Tips dalam menerapkan terapi air hujan agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Tapi kami ingatkan sekali lagi, walaupun terapi ini memiliki manfaat yang luar biasa. Bukan berarti terapi ini bisa dilakukan sewaktu waktu. Harap diperhatikan kondisi kesehatan dari Lovebird itu sendiri. Tentu tidak etis bila membiarkan lovebird berhujan hujanan pada waktu kondisi kesehatan yang tidak sehat. Maka dari itu lakukan terapi air hujan ini pada kondisi lovebird dalam keadaan sehat dan bugar.

Sekian dan Terimakasih



0 Response to "14 Tips dan Manfaat Terapi Air Hujan Untuk Lovebird"

Posting Komentar