Lovebird Mabung? Berikut 10 Cara Perawatannya






Burung yang tergolong pada genus Agapornis ini memang memiliki bentuk fisik yang cukup menawan. Disamping keindahan yang terletak pada tubuhnya, burung berparuh bengkok ini ternyata juga menyimpan suara yang cukup menjanjikan. Ngekek berdurasi panjang adalah ciri khas dari suara lovebird. Mengingat tubuhnya yang indah sekaligus kemampuan berkicaunya yang cukup mahir, ngga heran jika pengicau yang dikelompokkan pada keluarga atau suku Psittaculidae ini, hingga pada saat ini terus banyak dicari oleh para kicau mania dan juga kalangan pecinta jenis burung hias.

Apa Itu Mabung?

Mabung adalah proses pergantian bulu pada burung, proses alami ini tidak bisa dihindari oleh setiap unggas jika pada burung biasanya proses mabung terjadi saat burung usia muda beranjak dewasa dan burung dewasa yang mengganti bulu - bulu nya yang tua menjadi bulu yang baru. Ada pula mabung juga bisa dikarenakan karena burung terkena penyakit atau burung tersebut dalam keadaan stres yang berkepanjangan.

Pada saat mabung biasanya burung akan terlihat lesu dan cenderung malas untuk berkicau (pada burung kicau) namun ada suatu hal yang tidak biasa untuk jenis lovebird proses mabung terkadang tidak menjadi hambatan bagi sang lovebird untuk berkicau dan tetap gesit, pergantian bulu pada lovebird pun tergolong tidak merata dengan keseluruhan. Biasa nya lovebird berganti bulu sedikit demi sedikit mulai dari bulu-bulu kecil hingga ke bulu-bulu besar (seperti bulu sayap dan ekor) dan proses mabung pada lovebird tergolong lambat / lama.


Perlu di ketahui bagi pemula yang kurang paham ketika merawat burung lovebird beranjak mabung. Umur mabung pertama sekitar 4-6 bln, mabung ke dua 1 tahun ke atas dan seterusnya, namun umur tidak manjadi pedomam untuk mabung, bisa berubah ubah ( lain burung lain karakter.)

Tidak setiap burung lovebird mengalami proses mabung dengan lancar, ada pun burung lovebird yang mengalami proses mabung dengan lancar juga juga sering di jumpai. Jika Anda menjumpai burung lovebird mabung tak kunjung selesai, bisa mencoba dengan cara yang di jelaskan oleh mania kicau. Perlu di ketahui, sebagai larangan/perhatian untuk sahabat lovers ketika gacoanya mabung:

Ciri ciri burung mabung kurang lancar di sebabkan sebagai berikut:

  1. Lokasi kurang tenang. Selama satu minggu tetesan bulu tak kunjung berhenti.
  2. Ketika tetesan bulu baru terlihat di dasar sangkar, sang pemilik burung memakasa memandikan.
  3. Burung di paksa olahraga di umbaran maupun di renangkan.
  4. Pemilik memaksa trek di area kontes.

Ini biasa terjadi karna kebiasaan para pemula mungkin kurang memahami dampak dari efek buruk merawat burung lovebird ketika mabung. Padahal jika itu semua terjadi pada si burung akan mengalami drop seratus delapan puluh derajad, stres bekepanjangan.


Perawatan Lovebird Mabung

  1. Lovebird harus di full kerodong setiap hari nya (dibuka ketika mengganti makan dan minum) 
  2. Tempat kan lovebird di bawah atap / ruangan yang tidak panas (agar lovebird nyaman di dalam kerodong tidak kepanasan ) 
  3. Berikan makanan yang baik dan bergizi + vitamin agar pergantian bulu lovebird maksimal dan terlihat baik bulu-bulunya nanti. 
  4. Jangan mandikan atau menjemur lovebird karna akan menghambat proses mabung sang lovebird (kalau pun lovebird mandi tentunya ia akan mandi sendiri biasanya di cepuk minumnya "berikan cepuk minum agak besar ukuran nya'' ) 
  5. Kalau bisa sedikit jauhkan lovebird dari lovebird lain ( menghindari lovebird saling menyahut ) 
  6. Untuk lovebird lapangan masterin lovebird sesuai dengan warna suara nya ( dengan burung langsung / dengan Mp3 ) jika dengan mp3 nyalakan 24 jam agar lovebird lebih terbiasa untuk mendengar hingga meniru suara. 
  7. Berikan tulang sotong ( untuk membantu pembentukan bakalan bulu baru ) 
  8. Rajin membersihkan sangkar lovebird karena pada saat full kerodong jangan sampai lovebird menghirup udara kotor dari kotoran dan bekas makanannya 
  9. Jauhkan lovebird dari suasana berisik dan tempat kan ditempat yang tenang ( biasa nya susah untuk menemukan tempat yang tenang tapi setidak nya jauh dari keramaian ) 
  10. Biarkan lovebird beristirahat sampai bulu nya maksimal 

Hasil terbaik tentunya pada perawatan terbaik pula, perawatan burung biasanya berbeda beda tergantung karakter dan apa mau sang burung. Namun tips diatas adalah sedikit pengalaman merawat lovebird mabung dari salah seorang lovebird mania yang telah banyak membawa burung nya ke arah juara.

Semoga tips diatas dapat membantu


http://masdawai.blogspot.com/2016/11/10-tips-perawatan-lovebird-saat-mabung.html

0 Response to "Lovebird Mabung? Berikut 10 Cara Perawatannya"

Posting Komentar