3 Penyebab Lovebird Tidak Mau Masuk Glodok





Lovebird tidak mau masuk glodok atau istilahnya susah kawin, ini adalah permasalahan yang umum dialami peternak lovebird. Untuk mengatasi masalah tersebut, selidiki dahulu apa yang menjadi akar penyebab agar nantinya kita tidak salah langkah untuk treatment agar lovebird tersebut mau masuk glodok.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa lovebird tidak kunjung masuk ke dalam glodok :

3 Alasan Lovebird Tidak Mau Masuk Glodok


1. Belum Beradaptasi

Ada banyak alasan kenapa burung love bird ini tidak mau masuk glodok yang paling utama yaitu burung love bird belum beradaptasi dengan sangkar dan glodoknya yang baru. sebelumnya jika anda pernah membeli sepasang indukan love bird di pasar tanpa adanya glodok.

lalu pada saat di rumah anda masukan ke dalam kandang beserta glodoknya yang baru dan ternyata pasangan tersebutpum tidak mau masuk ke glodok bahkan sampai beberapa hari tidak mau masuk juga nah inilah yang perlu kita catat kenapa bisa demikian.

Sebenarnya lovebird ini butuh penyesuaian dengan kandang dan glodok yang baru. Ada yang beradaptasi cuma sehari langsung masuk glodok adapula yang butuh 2-4 hari, ada pula yang sampai 1 minggu tergantung masing masing lovebird.

biasanya yang adaptasinya lama dengan kandang dan glodok baru ini apabila kita membeli pasangan lovebirdnya berasal dari kandang koloni maka membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi dengan kandang ang ukuran kecil dan baru. Perbedaannya jika lovebird di kandang koloni burung tersebut bisa beterbangan kesana kemari karena memiliki ruangan yang besar.

Sedangkan untuk kandang ternak kotak ukurannya kecil terbatas tidak terlalu besar membuat lovebird tidak bisa berterbangan kesana kemari seperti kandang koloni tapi burung lovebird hanya bisa lompat.

Untuk glodok yang baru jangan di beri sangkat ataupun serabut. Jadi biarkan lovebirdnya yang membuat sangakar sendiri. Kalau dipasangi sangkar oleh kita, bisa jadi lovebirdnya tidak mau masuk ke dalam glodok. Mungkin saja dikira bahwa glodoknya sudah ditempati oleh lovebird lain.

Jadi lovebird itu kalau ada glodok yang sudah ditempati oleh lovebird lainnya maka tidak mau masuk atau mengganggunya.


2. Belum Cukup Umur

Untuk pasangan muda biasanya salah satu lovebird belum birahi lantaran faktor umur yang belum cukup diantara jantan dan betina. Usahakan juga usia betina harus lebih tua dari usia pejantan untuk membuatnya lebih agresif.

Lovebird mungkin terlihat berjodoh, bisa kita ketahui tidak ada tingkah laku agresif yang dilakukan oleh pasangan lovebird, terlihat akur namun tidak mau melakukan perkawinan, faktor ini bisa kita simpulkan lovebird tersebut tidak berjodoh.


Lovebird terlihat akur dan selalu berdampingan tapi kenapa tidak melakukan perkawinan, padahal keduanya saling meloloh? Untuk faktor ini biasanya lovebird bisa jadi sesama jenis karena walaupun sesama jenis, tingkah laku lovebird cenderung mirip seperti jantan dan betina.


3. Lovebird Jantan belum Birahi

Penyebab yang paling utama ketika lovebird jantan belum mau mengawini lovebird betina adalah lovebird jantannya belum birahi. Jadi dalam hal memelihara atau beternak lovebird itu gampang-gampang susah.

Kemudian penyebab selanjutnya bisa jadi karena lovebird betinanya belum birahi yang kalau lovebird jantan mau mengawini lovebird betina tapi yang betina tidak mau. Hal ini juga menjadi masalah. Jika hal ini tidak segera ditangani maka proses bertelur tidak akan pernah terjadi apalagi jika lovebird yang tidak mau kawin sudah cukup umur.


Demikian informasi yang dapat disampaikan dan semoga bermanfaat



http://samlovebird.blogspot.com/2017/12/alasan-lovebird-tidak-mau-masuk-glodok.html


0 Response to "3 Penyebab Lovebird Tidak Mau Masuk Glodok"

Posting Komentar