4 Obat Untuk Mengatasi Lovebird Nyilet




Nyilet adalah penyakit dengan indikasi tubuh lovebird menjadi kurus dan jika di perhatikan pada bagian dada/tulang dada akan sangat runcing dan daging pada bagian dada mengurus, sehingga sering disebut dadanya tajam/silet.

4 Obat Untuk Mengatasi Lovebird Nyilet

Gejala atau tanda-tandanya adalah sebagai berikut :

  • Badan menjadi kurus, walaupun jika diperhatikan makan banyak
  • Lovebird tidak bergairah, cenderung sering mengantuk dan selalu melipat kepalanya kebelakang
  • Bulu mengembang
  • Warna kotoran hitam dan cenderung lengket pada bagian dubur
  • Terkadang nafas berbunyi seperti "ngorok"



Beberapa faktor yang menyebabkan lovebird nyilet diantaranya burung kurang gizi, terkena penyakit gondok, burung keracunan logam, burung terkena cacing. Dari beberapa peyebab nyilet pada lovebird diatas yang paling sering dialami oleh burung adalah kekurangan gizi dan juga cacingan maka dari itu kita akan membahas tentang cara penanganannya agar burung gemuk dan sehat kembali. Cek kondisi tubuh lovebird anda secara rutin, jika anda menemui cirri-ciri diatas maka segera beri tindakan pengobatan yang tepat.

Berikut ulasan beberapa jenis obat yang cocok untuk lovebird nyilet;

Obat Yang Ampuh Untuk Mengobati Lovebird Nyilet

1. Bird First Aid

Obat ini dapat diberikan di pagi dan sore/ malam hari. Dalam rentang waktu kurang dari sebulan hasil akan terlihat bahkan jika tidak terlalu parah, dalam satu minggu lovebird akan sembuh. Harganya berkisar Rp 75.000

2. Beaphar Santalina K3

Sama seperti bird first aid, obat ini cukup efektif bahkan lebih baik namun harganya sedikit lebih mahal yaitu Rp 125.000

3. Vetafarm (Megabac-S)

Jika nyilet sudah parah bahkan bisa sampai membuat burung anda mati, obat ini cukup efektif dan cepat memulihkan kondisi burung. harganya berkisar Rp 1.800.000

4. Combantrine

Obat cacing ini umumnya dikonsumsi oleh manusia tapi memberi efek yang sama pada burung. jika lovebird anda mengalami cacingan, anda bisa memberikan combantrine dan dalam beberapa jam cacing akan keluar.




Pemberian obat di atas perlu dibarengi dengan pemberian vitamin dan mineral agar penyerapan makanan dan obat bisa maksimal. Jika anda ingin menggunakan obat-obatan alami, berikut beberapa herbal yang dapat anda gunakan ketika lovebird nyilet;

Jagung Muda dan Kangkung

Penyebab nyilet bisa jadi karena lovebir kekurangan gizi, lovebird yang kurang gizi biasanya hanya diam dibawah sambil memilih-milih makanan yang jatuh didasar sangkar. Perilaku ini sering terjadi karena kemungkinan lovebird hanya diberi pakan milet putih saja setiap hari tanpa pemberian ekstra fooding. Selain milet putih sebaiknya diberi exstra fooding juga berupa jagung muda dan juga kangkung. Pemberian jagung pada lovebird ditujukan agar burung mendapatkan tambahan nutrisi agar burung tidak kurus dan nyilet. Pemberian vitamin yang dicampur pada minuman juga dapat memperkuat kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Bawang putih

Bawang putih kaya akan sulfur dan kalium (potasium), serta bisa membunuh jamur, bakteri dan parasit dalam usus. Satu siung bawang putih segar bisa dilarutkan dalam air secukupnya, lalu diberikan kepada lovebird. Bawang putih cukup efektif untuk menyembuhkan lovebird dari cacingan.
Selain beberapa jenis obat diatas, anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang dan lingkungan lovebird agar tidak terjangkit penyakit yang lebih mematikan. Dan perlu anda garis bawahi bahwa nyilet kebanyakan disebabkan oleh stres, bisa karena lingkungan atau perawatan anda pada lovebird yang salah.

Demikian informasi semoga bermanfaat. Dan terimakasih






http://samlovebird.blogspot.com/2018/01/beberapa-obat-yang-ampuh-untuk.html


0 Response to "4 Obat Untuk Mengatasi Lovebird Nyilet"

Posting Komentar