10 Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebird




Bulu rontok atau mabung pada lovebird ini merupakan proses alami yang sudah biasa terjadi. Mabung atau bulu rontok sendiri merupakan pergantian bulu yang baru.

Namun ada pula yang menyebutkan bahwa hal ini disebabkan oleh perpindahan tempat lingkungan lovebird dari suhu yang dingin ke suhu yang sangat panas ( perbedaan suhu yang terlalu jauh ).

Lovebird rontok bulu halus

Sebagai contoh, si A beli burung lovebird di daerah dingin sekali ( berkisar 20 derajad celcius) dan si A membawa lovebird untuk diternak di rumahnya yang suhunya sangat panas ( dengan suhu 32 derajat celsius), maka potensi burung lovebird rontok bulunya sangat besar sekali,

karena penyesuaian suhu yang akan mengakibatkan gatal-gatal, maka lovebird akan mencabut bulunya sendiri, karena tidak kuat dengan rasa gatalnya. Atau bisa juga dikarenakan beberapa permasalahan seperti over birahi, banyak kutu, dan faktor penyakit lainnya.

Tapi rata-rata lovebird jantan yang over birahi. Jika umurnya sudah 7 bulan lovebird sudah mulai birahi. Untuk menurunkannya harus sering dimandikan dan dicarikan pasangannya.

Pada umumnya bulu yang rontok pada lovebird tumbuhnya akan lama. Terkadang ada peternak lain yang tidak sabar akhirnya menjual lovebird yang brodol atau bulunya rontok dijual dengan harga yang murah.

Sebenarnya tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena bulunya akan tumbuh kembali. Masa mabung pertama berkisar pada usia 4-7 bulan dengan rentang waktu mabung 60 hari hingga 5 bulan.

Pada saat mabung, kondisi lovebird berada di titik terlemah dan hal ini dapat membuat tubuh lovebird rentan akan penyakit, maka dari itu perawatan terbaik ketika mabung harus diperhatikan.

Lalu bagaimana cara mengatasi bulu rontok pada lovebird?

10 Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebird

1. Pindahkan lovebird ke tempat yang lebih tenang dan sepi agar proses ngurak atau perontokan bulu tidak terganggu dengan lingkungan yang kurang kondusif

2. Full kerodong lovebird dan sesekali di anginkan untuk menjaga suhu tubuh burung

3. Tidak memandikan burung yang sedang mabung karena akan mengganggu proses pergantian bulu. Silahkan memandikan kembali saat bulu baru sudah mulai tumbuh.

4. Pada saat proses pergantian bulu berlangsung, jangan menjemur lovebird karena akan merusak prosesnya. Anda bisa menjemur kembali saat bulu mulai tumbuh

5. Berikan ekstra fooding berupa jagung, kangkung atau kuaci saat mabung mencapai tahap akhir. Hal ini berguna untuk merangsang pertumbuhan bulu baru

6. Latihlah kicauan burung anda saat mabung karena masa-masa tersebut adalah masa terbaik lovebird untuk melatih kekehannya.

7. Jauhkan dari sinar matahari, dan pada bawah sangkar atau kandang ditaruh air, intinya untuk menambah kelembaban / suhu menjadi lebih dingin ( boleh dengan cara lain, yang intinya menurunkan suhu sekitar agar tidak terlalu panas)

8. Berilah makanan dengan gizi yang lengkap, seperti milet, kenari set, jagung, kangkung, tulang sotong, cangkang telur asin (bila ada) dan vitamin untuk lovebird, dan air jangan sampai lupa ganti tiap hari.

9. Semprotkan antibiotik yang tidak membahayakan untuk burung disekitar kandang 3 hari sekali.

10. Obat penumbuh bulu lovebird, setiap dua hari sekali dicoba mengoleskan minyak zaitun pada lovebird yang bulunya rontok. Hal ini dapat mempercepat tumbu bulu secara alami pada lovebird. Kalau tidak ada minyak zaitun dicoba dengan minyak kelapa yang alami.

Demikian yang dapat Samlovebird sampaikan, semoga bermanfaat.




http://samlovebird.blogspot.com/2018/01/tips-cara-mengatasi-bulu-rontok-pada.html

0 Response to "10 Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebird"

Posting Komentar