Cara Membuat Eggfood Untuk Lovebird





Setiap hari Lovebird sobat diberi pakan biji-bijian, dan sayur ataupun buah Cukupkah bila seperti itu saja? Jawabannya ya, sudah cukup untuk bisa bertahan hidup. Tetapi, bolehkah apabila diberikan makanan tambahan? Tentu sangat dianjurkan, terutama jenis makanan yang memiliki nutrisi lebih daripada makanan pokok Si Burung itu sendiri, yakni egg food

Extra Fooding (EF) adalah makanan ekstra (tambah) yang diberikan ke burung. Manfaat Extra Fooding sangat banyak, selain menjaga asupan gizi agar tidak mudah sakit, Extra Fooding juga diperlukan untuk menjaga perfomance burung. Pemberian Extra Fooding harus pas, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih karena bisa membuat burung drop atau over birahi.

Eggfood merupakan makanan tambahan untuk burung (biasanya keluarga Finch dan Parrot ukuran kecil) yang memiliki kandungan protein tinggi, karena mayoritas burung pemakan biji tidak mendapatkan asupan protein yang cukup bila hanya memakan bijian saja.

Eggfood sebenarnya sudah banyak tersedia di toko toko burung, tapi jika sobat malas untuk membeli dan lebih suka ber eksperimen tidak ada salahnya untuk membuat eggfood dengan pakan racikan sendiri. Eggfood yg baik adalah yg memiliki komposisi lengkap, baik itu protein, vitamin, mineral, dll.

Berbeda dengan burung pemakan serangga atau daging, dimana asupan protein mereka sudah lebih dari cukup. Eggfood ini sangat diperlukan ketika masa-masa berkembang biak (bertelur), dan juga ketika piyik baru belajar mencari makanan sendiri, ataupun ketika burung dalam kondisi kurang fit.

Karena rasanya dan teksturnya yg mungkin asing bagi burung ketika pertama kali mencoba, biasanya Eggfood ini tidak langsung dikonsumsi. Namun tidak menjadi masalah, diamkan saja sampai terbiasa. Bisa juga pada wadah pakan Eggfood ini ditaburkan sedikit bijian, hanya untuk memancing mereka ikut mencoba memakan.


Cara Penyajian EggFood Untuk Lovebird


Sajikan sedikit demi sedikit (misal 1 sendok teh), karena bila Eggfood yang terlalu lama didiamkan biasanya akan mengeras (menggumpal), berjamur, dan harus dibuang. Pemberian Eggfood lebih dianjurkan bila 2-3 hari sekali daripada setiap hari, karena bagi burung yg berukuran kecil, vitamin dan mineral yg diperlukan hanya dalam jumlah sedikit.

Burung Lovebird mebutuhkan pakan-pakan yang bergizi dan kenyamanan kandang supaya tumbuh kembangnya optimal. Pakan-pakan yang tidak higienis akan menyebabkan penyakit seperti diare pada burung  LB.

Pakan ideal burung lovebird terdiri dari milet harian, grit, dan egg food. Pakan-pakan ini dan air minum harus tersedia didalam kandang burung lovebird agar tumbuh sehat, cepat bereproduksi, dan bisa menghasilkan anak anak yang cantik dan sehat. Dalam membuat grit, Sobat dapat menggunakan arang, kulit kerang, dan kalsium. Grit memiliki fungsi dalam memenuhi kebutuhan kalsium burung LB. Dan dapat membantu dalam pencernaan burung lovebird.

Bahan bahan campuran milet yaitu milet putih, milet merah, kuaci, biji kenari, dan biji sawit. Pakan Milet ini adalah pakan pokok burung lovebird Cukup berikan tiga sendok per hari. Sedangkan untuk burung lovebird  yang berumur 6 bulan lebih, berikan pakan milet dengan tambahan minyak esensial.

Milet sendiri memiliki fungsi, yaitu supaya burung lovebird cepat birahi. Karena jika burung lovebird susah untuk birahi karena keseringan kawin. Pakan milet juga penting, sebab pakan burung lovebird berbeda dan juga lovebird betina lebih cepat birahi.


Manfaat Eggfood Untuk Lovebird

Seperti kita ketahui bahwa lovebird biasa diberi pakan berupa biji-bijian dan tambahan berupa sayuran segar setiap harinya. Memang hal tersebut cukup untuk mempertahankan hidupnya. Tapi penambahan makanan tambahan sangat dianjurkan, sebagian pecinta burung lovebird mungkin masih asing dengan egg food. Oleh karena itu, saya akan sedikit membahas tentang egg food sebagai pakan tambahan pada lovebird yang bernutrisi tinggi.

Egg sendiri terbuat dari berbagai bahan pilihan seperti roti, susu, madu, minyak ikan, sereal, biji-bijian dan makanan tambahan. Sebagai pemakan biji-bijian tentu lovebird sangat rentan kekurangan suplai protein. Protein sangat diperlukan untuk masa pertumbuhan dan ketika lovebird pada masa-masa produktif. Berbeda dengan burung karnivora, yang memang asupan proteinnya lebih dari cukup.

Selain protein yang cukup, penambahan multivitamin tambahan pada egg food sangat berguna bagi lovebird karena mengandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap. Pemberian egg food tidak disarankan setiap hari, cukup 3 hari sekali saja karena pemberian yang berlebihan juga kurang baik.

Karena rasa dan tekstur yang berbeda dengan makanan lovebird yang biasa, maka biasanya lovebird tidak langsung memakannya. Perlu pembiasaan dalam pemberian egg food ini, bisa pemberian dilakukan bercampur dengan pakan bijian agar menarik burung untuk memakannya. Penyimpanan egg food sebaiknya pada toples yang kedap udara atau tertutup rapat, bisa juga disimpan pada plastic yang tertutup. Jauhkan juga dari area yang lembab karena akan berpotensi tumbuh jamur dan merusak kondisi egg food.

Eggfood dengan penambahan bahan tertentu ini bisa memberikan beberapa manfaat, antara lain: 

  • Mempercepat pertumbuhan burung muda.
  • Membuat burung lebih aktif, sehingga merangsangnya untuk rajin berkicau.
  • Untuk burung yang diternak, eggfoof dapat membantu dalam proses penjodohan
  • meningkatkan produktivitas induk, dan perawatan anak-anaknya. 



Fungsi Eggfood


Egg food yang difungsikan sebagai pengganti jagung dan kangkung coba dibuktikan. Pada saat itu pemberian dilakukan pada burung lovebird non klep yang sedang meloloh anakan. Dari usia sehari sampai muar induk lovebird hanya diberikan pakan berupa bijian dan egg food. Hasilnya cukup bagus, anakan lovebird gemuk dan indukan tidak gajih atau berlemak. Oleh karena itu, tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan egg food. Egg food sangat mudah didapatkan di toko-toko pakan atau toko burung terdekat, baik yang polos atau yang bermerk tertentu.


Cara Meracik Pakan Eggfood Untuk Lovebird

Dalam pembuatan pakan egg food relatif mudah. Sobat bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk meraciknya sendiri :
  • Persiapkan bahan baku 
    • 1,6 kg pur halus
    • 800g wortel
    • 10g vitamin kemasan
    • 150g tepung roti
    • 6 butir telur ayam yang sudah direbus
    • biji - bijian rumput secukupnya.
  • Masukkan dan campurkan semua bahan-bahan diatas ke dalam sebuah wadah, Kecualikan telur rebus dan biji rumput.
  • Kemudian masukkan biji rumput beserta telur yang sudah diparut bersama kulitnya dengan ukuran minimal 3 sampai 4 mm. 
  • Lalu aduk semua bahan hingga merata. 
  • Eggfood lovebird telah siap disajikan. 

Pakan Egg food diketahui bagus untuk anakan LB, dan takarannya tergantung umur dari anakan lovebird. Jika sepasang indukan LB dan anakannya baru saja menetas, maka cukup berikan empat sendok teh pakan egg food ini . Takaran ini akan sangat baik bagi anakan LB yang berumur sektiar 10 hari. Dan kurangi pemberian eggfood bila lovebird anakan sudah berumur sekitar satu bulan.

Demikian beberapa resep egg-food untuk burung lovebird sebagai pakan pendamping, selain bahan bakunya mudah didapatkan, cara pembuatannya juga relatif mudah dan tidak akan menyita waktu sobat. Namun karena menggunakan bahan-bahan berprotein tinggi, maka eggfood akan cepat rusak jika terlalu lama terkena cahaya matahari. Karena itu, dianjurkan untuk mengganti eggfod jika tidak habis disantap burung dalam rentang waktu 12 jam atau setengah hari.

Sekian informasi tentang cara meracik pakan egg food lovebird yang sehat.


0 Response to "Cara Membuat Eggfood Untuk Lovebird"

Posting Komentar