6 Cara Melatih Lovebird Paud Rajin Ngekek Sangat Panjang





Dalam melombakan lovebird yang masih paud atau balibu memiliki tujuan. Tujuannya adalah sebagai sebuah tes apakah suatu aviary / peternak memiliki hasil tangkaran yang bagus dan memiliki prospek gantangan.

Namun sobat tak boleh melombakan Lovebird paud / masih anakan terlalu sering. Karena dapat membuat  lovebird muda ini mengalami kalah mental bila terlalu sering memaksakan untuk mengikuti perlombaan kicau.

Burung LB balibu atau paud ini masih memiliki birahi yang belum stabil. Oleh karena itu tujuan dari mengikuti lomba kicau tersebut hanya semata mata untuk meng asah mental.

Dan tujuan lainnya adalah untuk melihat karakter burung paud ini, apakah bisa dijadikan sebagai gaco bahan lomba / hanya cukup digunakan sebagai masteran burung ocehan yang ada dirumah.

Syarat - syarat yang kudu dipenuhi untuk memilih bahan burung LB ngekekan adalah lovebird paud yang sudah terlihat memiliki sifat fighter.

Serta durasi kicauan yang panjang dan latahannya bisa menjadi nilai tambahan didalam penilaian lomba. Oleh karena positngan kali ini akan membahas cara merawat Lovebird paud agar ngekek sangat panjang pada saat digantangan.

6 Latihan Lovebird Paud Agar Ngekek Sangat Panjang

  1. Pada saat Lovbird berumur 1,5 bulan higga 2 bulan, lovebird akan mulai untuk belajar berbunyi  namun masih terlihat malu - malu.

    Agar lovebird paud memiliki mental yang bagus, maka lovebird dimandikan setiap pagi dan dijemur lalu diangkat kemudian diangin - anginkan pada tempat yang ramai dan berisik

    Hal tersebut bertujuan untuk membuat lovebird paud memiliki mental yang baik dan juga tidak akan takut pada keramaian.
  2. Lakukan lah Ritual Mandi dan jemur pada tiap pagi hari mulai jam 6 hingga 9. Kemudian tempatkan LB paud pada kandang umbaran.

    Kandang umbaran ini berguna umtuk bisa melatih nafas dan stamina agar lovebird paud ini bisa ngekek lebih panjang.
  3. Lovebird balibu / paud sebaiknya tidak sering-sering dipertemukan dengan sesama burung  Lovebird namun bila hanya mendengar suaranya saja masih di perbolehkan.

    Hal tersebut bertujuan agar waktu bertemu sesama lovebird, sang paud akan lebih berani untuk berkicau karena kegirangan bertemu dengan koloninya.
  4. Lovebird paud dapat dikenalkan sejak usia dini pada suasana di lapangan lomba sehingga bisa untuk mengetes mental.

    Karena suasana di rumah dan di lapangan lomba itu berbeda. Hal tersebut dapat juga bisa mempercepat LB muda dalam beradaptasi pada lingkungan dan suasana lomba.
  5. Berikan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) agar bisa meningkatkan stamina dan juga menstabilkan birahi burung lovebird paud ini.

    Jagung Muda berguna agar memperkeras kicauan pada saat Lomba. Sayuran Bayam berguna sebagai pemulihan tenaga setelah berlomba.

    Daun Ginseng berguna dalam perbaikan kesehatan ketika saat lovebird paud terlihat sakit atau kurang sehat. Daun Binahong berguna dalam mengobati ketika lovebird paud sedang sakit.

    Pucuk Daun Mengkudu bisa berguna dalam mengkristalkan kicauan supaya terdengar lebih nyaring.

    Sebaiknya hanya gunakan Extra Fooding tersebut sesuai dengan kebutuhan / pada saat dibutuhkan saja. Jadi jangan menggunakan pakan tambahan tersebut tiap harinya.
  6. Teknik pemberian masteran adalah hal wajib sobat lakukan untuk menciptakan lovebird paud ini bisa ngekek panjang. Sobat bisa memakai audio Mp3 ataupun burung kicau lainnya.

    Cara pemasteran MP3 yang baik yaitu dengan menggunakan Mp3 atau audio jangan terlalu keras.  Cukup gunakan volume sedang atau masih terdengar oleh lovebird paud.


5 Setingan Lovebird Paud Menjelang Lomba (Jika Hari H Lomba Adalah Minggu)

  1. Mandi jemur cukup pada hari senin hingga kamis saja. Dan pakan hanya milet putih dan minum air jernih.
  2. Pada hari kamis sore lovebird paud dikerodong hingga hari Minggu. Tetapi tetap mengecek pakan dan minum tiap pagi.
  3. Pada hari sabtu air minum dicampur satu tetes madu asli dan pakan cukup milet putih.
  4. Pada minggu pagi, sobat bersihkan kandangnya dari sisa - sisa pakan dan minumnya. Lalu lovebird paud bisa sobat bawa ke arena lapangan lomba.
  5. Usahakan memilih nomor gantangan yang posisinya berada dipinggir. Kenapa? Karena pada tahap ini sobat cukup akan melihat karakter dan mental dari lovebird paud. Apakah sudah cukup bagus atau belum.


Itulah beberapa settingan harian dan juga settingan lomba khusus untuk burung lovebird Paud. Dalam mencetak Lovebird paud memang terdapat kepuasan tersendiri bila dibandingkan dengan membeli lovebird yang sudah jadi.

Oleh karena itu nikmati lah prosesnya dan juga pahami lah kekurangan maupun kelebihan pada proses pembentukan lovebird paud lomba ini.

Pada settingan single fighter memang sangat cocok diterapkan pada LB Paud ini. Karena situasi birahinya yang belum stabil. Oleh karena itu Sobat harus dapat bisa memunculkan sifat fighternya dengan terapi setting single tersebut.

Kunci utama dalam keberhasilan settingan tunggal tersebut yaitu pada konsistensi dan pemahaman atau pengenalan lovebird paud pada arena lomba. Jika sobat mengenalkan sejak dini, maka lovebird paud sobat tidak akan mudah drop apalagi demam panggung.

Dalam pemberian pakan tambahan atau ekstra fooding (EF) sangat penting dalam menaikan atau bahkan menurunkan birahi lovebird paud sobat. Oleh karena itu ketahuilah karakter lovebird paud sobat dan jangan terlalu sering dalam mengubah - ubah settingannya.


0 Response to "6 Cara Melatih Lovebird Paud Rajin Ngekek Sangat Panjang"

Posting Komentar