6 Pakan Lovebird Agar Cepat Birahi dan Bertelur





Dalam membuat lovebird cepat birahi dan bertelur bisa dibilang susah susah gampang. Namun ada banyak cara untuk bisa merangsang burung LB cepat birahi dan akhirnya bertelur.

Salah satunya dengan melalui asupan makanan. Ada 5 jenis pakan burung LB agar cepat birahi dan segera bertelur. Pakan - pakan Lovebird tersebut dapat dengan mudah didapatkan dari alam atau bisa beli di toko burung.

Pada dasarnya jika burung lovbird telah memasuki umur 8 bulan, maka lakbet sudah siap untuk dikawinkan atau dijodohkan. Ketika berada di alam liar, LB akan mencari sendiri pasangannya. Sedangkan untuk lovebird peliharaan sebaiknya sobat bisa menjodohkan agar anakannya berkualitas.

Bila sudah memasuki umur 8 bulan, Tapi tidak ada tanda-tanda kalo lovebird sudah birahi. Maka sobat dapat memancing birahinya dengan menggunakan ramuan atau racikan makanan lovebird agar cepat birahi.

Sebelum sobat menjodohkan burung LB, yang sobat harus perhatikan adalah ketahui tingkat birahi masing-masing LB, baik jenis Lovebird jantan maupun betina. Diusahakan Lovebird jantan dan betina memiliki birahi yang stabil, dan tidak over birahi atau malah kurang birahi.

Dengan memperhatikan hal - hal tersebut, proses perkawinan Lovebird akan berjalan lancar dan lebih cepat.

6 Pakan Lovebird Agar Cepat Birahi dan Bertelur


1. Kangkung

Sayuran hijau semacam kangkung sudah sejak lama diyakini sebagai makanan Lovebird terbaik dalam membantu menaikkan birahi LB.

Jenis kangkung terdiri dari dua jenis, yaitu kangkung air dan kangkung darat. Tetapi, biasanya yang lebih sering diberikan untuk burung lovbird yaitu kangkung darat. Kenapa?

Karena kangkung darat lebih higienis, daripada kangkung air yang biasanya ada tanah atau kotoran dan hewan / parasit yang tercampur di dalamnya dan bisa membuat lovebird terserang penyakit.

Burung LB yang diberi pakan kangkung dapat dipastikan memiliki birahi yang normal dan stabil. Namun bagi lakbet yang kurang birahi, Sobat bisa meningkatkan birahi lakbet dengan cara memberikan sayuran kangkung setiap harinya.


2. Jagung Muda

Burung lovebird termasuk dalam burung pemakan biji-bijian. Maka daripada itu jika diberi jagung muda, tentu LB akan sangat menyukainya.

Terlebih lagi jagung muda banyak mengandung lemak rendah, protein, berbagai vitamin (A, C, B12, B15), kalsium, serat, dan karbohidrat.

Pemberian pakan jagung muda secara banyak tidak akan membuat Lovebird mengalamin gemuk / obesitas. Berbeda dengan jagung tua yang memiliki kandungan karbohidrat sekitar 22 gram.

Dan juga kandungan gula di jagung muda tidak terlalu banyak, sehingga jagung muda sangat aman untuk burung Lovebird.


3. Tulang Sotong
Tulang sotong adalah bagian dari cangkang sotong yang telah mengering. Banyak orang mengira jika sotong itu adalah sebuah cumi-cumi. Namun, kenyataannya sotong itu berbeda dengan cumi-cumi. Kenapa? 

Karena sotong memiliki tubuh yang pipih, sedangkan tubuh cumi-cumi silinder. Dan cangkang sotong terdiri dari kapur keras, tetapi cumi-cumi cangkang lunak.

Tulang sotong mengandung mineral,kalsium, dan iodium yang bagus dalam menaikkan birahi burung  Lovebird. Apalagi pemberian untuk burung Lovebird yang sedang dalam kondisi bertelur. 

Karena LB yang diberi pakan tulang sotong bisa menghasilkan banyak telur yang berkualitas dan juga dapat mencegah indukan LB menghancurkan telur - telurnya sendiri karena kekurangan kalsium. 


4. Telur Rebus
Kandungan telur rebus banyak mengandung protein yang bagus dalam menaikkan birahi burung Lovebird. Jika birahi LB naik. Bila bertemu LB lain maka libido akan ikut - ikutan naik sehingga dalam proses kawin akan lebih cepat.

Perlu sobat ketahui, dalam sebutir telur rebus ayam, mengandung 78 kalori dan juga  vitamin A & B kompleks. 

Jadi  sobat perlu membatasi dalam pemberian telur rebus pada burung LB. Jika pemberian terlalu banyak, maka ditakutkan burung Lovebird dapat mengalami kegemukan atau obesitas.


5. Buah Segar

Makanan alami burung Lovebird lainnya dalam meningkatkan birahi yaitu berupa buah-buahan segar, semacam buah apel, pepaya, anggur, pir, jeruk, pisang, dan lain sebagainya. 

Namun jangan pernah memberi buah alpukat ke burung LB karena buah alpukat memiliki kandungan yang tidak baik untuk kesehatan burung lovebird itu sendiri.

Dalam pemberian buah segar ke burung LB waktunya harus secara bergantian. Contohnya hari senin apel, selasa pepaya, rabu jeruk, dan sebagainya. 

Di samping itu, Sobat harus juga segera membuang buah - buah yang terlihat sudah membusuk. Karena buah buahan itu dapat mengundang banyak penyakit karena kondisi buah busuk sangat disukai oleh virus, kuman, jamur, dan bakteri.


6. Kuaci atau Biji Bunga Matahari
Kwaci / Biji bunga matahari dapat digunakan dalam menaikkan birahi burung Lovebird. Tetapi, porsinya tidak boleh sembarangan. 

Dalam sehari, porsi aman pemberian kwaci burung Lovebird hanya boleh mengonsumsi sekitar 10 hingga 25 butir biji kwaci / biji bunga matahari.

Pemberiannya pun bertahap, bila cuma dikasih 10 biji birahinya sudah naik. Maka porsi pemberian kwaci tidak perlu ditambahkan lagi. 

Ini juga dapat dijadikan tanda, Jika Lovebird sobat mempunyai tingkat birahi yang tinggi. Karena hanya dengan pemberian 10 biji kuaci saja sudah langsung naik birahi.



Demikian 6 makanan Lovebird Agar cepat birahi dan kawin. Setelah kawin, sobat masih boleh  memberikan daftar pakan dan vitamin diatas karena dapat membuat burung Lovebird cepat bertelur.


0 Response to "6 Pakan Lovebird Agar Cepat Birahi dan Bertelur"

Posting Komentar