13 Cara Ampuh Lovebird Konslet Ngekek Super Panjang




Selain dilihat dari keindahan bulu dan fisiknya, burung lovebird juga diminati dari kicauan suaranya. Oleh karena itu para penggemar burung kicau sering melakukan beberapa eksperimen untuk menyetting burung lovebird kesayangannya.

Burung Lovebird konslet ada yang dibuat / dilatih ngekek atau bisa juga ada yang dari bakat alami. Bila sobat memiliki burung lovebird alami tanpa perawatan dapat ngekek panjang sampai merem melek. Dan  tanpa irama juga tidak keras itu menandakan bawaan dari lovebird tersebut. Hal tersebut biasa dinamakan karakter.

Postingan akan membahas bagaimana cara ampuh membuat burung Lovebird konslet digantangan. Jadi pada dasarnya lovebird mampu ngekek walaupun cuman pendek - pendek. Namun dengan cara dibawah ini dapat membuat lovebird ngekek lebih panjang. Yaitu dengan latihan fisik supaya melatih otot-otot pernafasan burung lovebird.

13 Cara Ampuh Lovebird Konslet Ngekek Super Panjang


Jika mampu membuat lovebird menjadi fighter, maka membuat lovebird menjadi konslet pun pasti juga bisa. Hal tersebut dilakukan dengan beberapa syarat. Yaitu burung lovebird berusia mapan dan mempunyai birahi  tinggi. Kenapa? karena cara membuat lovebird agar konslet yaitu dengan mempermainkan birahi lovebird.


Ada cara lebih gampang lagi untuk menjadikan lovebird konslet, yaitu jika sobat telah memliki LB yang mampu ngekek panjang. Bila LB tidak mau ngekek (walaupun berada digantangan) maka dapat dibuat konslet dengan settingan dibawah ini :
  1. Usia LB harus sudah mapan atau setidaknya memiliki birahi minimal usia 7 bulan.
  2. Sudah memiliki materi - materi.
  3. LB yang ingin dibuat konslet, dipancing menggunakan lovebird sepasang kemudian diletakkan bersampingan atau berhadapan. Cara tersebut memiliki tujuan agar LB calon konslet menjadi iri atau cemburu ketika menonton Lovebird yang sepasang tadi sedang kawin.
  4. Jika telah 1 minggu menonton LB sepasang kawin, kemudian coba untuk memasukkan LB calon konslet tadi kedalam kandang burung sepasang tersebut. Di usahakan agar LB tidak bertengkar satu sama lain. Jika bertengkar maka dipisahkan lagi.
  5. Jika LB tidak berkelahi, maka biarkanlah Lovebird calon konslet tinggal satu kandang dengan Lovebird sepasang tersebut selama 1 minggu.
  6. Burung lovebird calon konslet sobat akan bertambah birahi. Dan merasa cemburu ketika menonton LB sepasang tersebut sedang bercumbu.
  1. Jika sudah 1 minggu terlewati, Maka waktunya untuk memberi jodoh untuk lovebird calon konslet sobat. Diusahakan memberikan pasangan lovebird betina yang ngleper jika mendengar suara lovebird jantan.
  2. Setelah lovebird betina dimasukkan, dan LB calon konslet mau untuk mengawini, maka penjodohan  ini berhasil dan bisa lanjut cara selanjutnya.
  3. Berarti di dalam sangkar terdapat 2 pasang LB dengan 1 glodok. Kemudian dibiarkan seperti itu selama 1 minggu.
  4. Setelah waktu 1 minggu terlewati, maka pindahkan pasangan lovebird yang bukan calon konslet tadi.  Kemudian membiarkan lovebird calon konslet dan pasangannya untuk menempati glodok.
  5. Kemudian paling cepat sekitar 3 hari lamanya, ketika lovebird calon konslet dan pasangannya mau menempati glodok, kemudian masukkan lagi pasangan yang bukan calon konslet tadi ked dalam kandang yang sama.
  6. Pantaulah perkembangan lovebird calon konlet! Bila lovebird calon konslet mampu menguasai glodok, maka bisa dibilang berhasil lovebird calon konslet untuk menguasai daerahnya.
  7. Kemudian ambil pasangan lovebird calon konslet sobat. Jika LB ngekek terus tanpa henti, maka pembuatan lovebird konslet bisa dikatakan berhasil.

NB : Jika LB Betina yang akan dibuat konslet, maka caranya hampir sama seperti cara diatas, namun kandang tidak diberi glodok. Hal itu agar LB tidak bertelur didalam glodok.

Intinya settingan LB jantan single fighter merupakan hasil dari perawatan yang konsisten. Dari LB berusia paud hingga LB menjadi konslet dan memiliki birahi minimal umur 7 bulan. Jangan berharap dengan merawat burung baru hanya beberapa minggu langsung langsung mendapatkan hasil yang memuaskan. Itu karena semua butuh proses, kesabaran, dan Doa.


0 Response to "13 Cara Ampuh Lovebird Konslet Ngekek Super Panjang"

Posting Komentar