10 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Lovbird Betina




Di dunia perburungan terutama burung lovebird, salah satu hal yang wajib diketahui oleh peternak atau penikmat burung LB yaitu bagaimana membedakan antara lovebird betina dan lovebird jantan.

Membedakan lovebird jantan dan betina bisa dibilang susah susah gampang. apalagi bagi pemula yang sangat ingin berternak burung lovebird ini.

Ilmu yang harus pasti dimiliki adalah cara membedakan burung lovebird jantan dan burung lovebird betina. Kenapa?  Agar sobat tidak mengalami kesulitan dalam merintis bisnis lovebird aviary / Peternakan Lovebird.

Tetapi hal yang wajar jika sobat lovebird tidak tahu secara pasti, apa jenis kelamin dari burung lovebird yang sobat pelihara.

Dan bahkan terdapat seseorang peternak yang sudah profesional, tapi terkadang masih juga mengalami kesulitan dalam membedakan jenis kelamin dari indukan lovebird.

Pada postingan ini akan membahas gambar lovebird jantan dan betina

Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina



Nah berikut ini 10 cara mudah membedakan lovebird jantan dan betina :

1. Bentuk Dari Paruh Lovebird


Dari sisi bentuk paruh lovebird. Untuk betina memiliki bentuk paruh cenderung tumpul, melebar, dan besar. sedangkan untuk bentuk paruh lovebird jantan berbentuk lebih runcing atau mancung serta kecil daripada betina.

2. Tampilan Fisik Burung Lovebird

Bentuk tubuh lovebird jantan lebih kecil daripada bentuk tubuh lovebird betina. Sedangkan pada bagian bentuk kepala lovebird jantan berbentuk cepak atau rata, sedangkan bentuk kepala lovebird betina cenderung melengkung atau cekung. 



3. Bentuk Sayap Burung Lovebird


Mengamati jenis kelamin indukan lovebird juga bisa dari penampakan masing-masing sayapnya. Jika sudah terbiasa, akan sangat mudah menentukan jenis kelamin lovebird hanya dengan melihat bentuk sayapnya saja.

Cara ini hanya dapat dilakukan pada saat lovebird dalam kondisi diam, karena kalau sedang lincah atau terbang pastilah tidak akan bisa diamati dengan sempurna. 

Bentuk ujung sayap lovebird betina sayapnya tidak menyilang dan tidak saling bertemu. Sedangkan, bentuk sayap lovebird biasanya menyilang dan saling bertemu. Seperti pada gambar diatas.



4. Bentuk Ekor Burung Lovebird


Bentuk ujung ekor lovebird jantan mengerucut kecil dan berbentuk runcing. Sedangkan pada ujung ekor lovebird betina lebar besar dan lebih rata.




5. Cara Bertengger Burung Lovebird


Cara bertengger lovebird betina kakinya lebih melebar. Sedangkan pada lovebird jantan akan bertengger dg kaki agak merapat. 



6. Tulang Supit Burung Lovebird


Lovebird jantan memiliki tulang pubis (tulang supit udang) yang lebih sempit atau lebih rapat saat diraba dan saat ditekan biasanya akan terasa keras, lancip dan lebih rapat. Sedangkan si-betina biasanya memiliki tulang pubis lebih lebar daripada si-jantan dan  saat di tekan kedua tulang pubisnya akan terasa lunak dan sedikit terbuka. 



7. Tes DNA


Keakuratan tes DNA diklaim mencapai 100%. Dengan menggunakan DNA yang diambil dari bulu atau darah. Namun biayanya tergolong sangat mahal dan prosedurnya pun juga tergolong ribet karena semua prosesnya harus dilakukan di labolatorium khusus yang belum tentu ada di setiap kota. cara membedakan lovebird jantan dan betina 100 akurat





8. Bentuk Lubang Hidung Burung Lovebird


Bentuk lubang hidung lovebird jantan berbentuk oval atau lonjong. Sedangkan lovebird betina memiliki bentuk lubang hidung bulat atau melebar. 



9. Perhatikan Lingkaran Disekitar Mata Burung Lovebird


Untuk lovebird betina memiliki klep / lingkarang disekitar mata berbentuk bulat melingkar sempurna, sedangkan lovebird jantan memiliki lingkar klep kacamatanya lebih berbentuk lonjong atau oval.



10. Bentuk Anus


Lovebird betina biasanya mempunyai bentuk kloaka dengan ukuran yang jauh lebih lebar dan lebih rata (terlihat lebih bulat) dibandingkan dengan ukuran anus yang dimiliki oleh si-lovebird jantan. Sedangkan si-jantan anusnya lebih kecil dan kelihatan lebih menonjol atau memanjang.


Demikian 10 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang terbukti cukup akurat. Namun tingkat ke-akuratannya tentu saja akan berbeda antara peternak satu dengan peternak burung lovebird lain nya. Semua itu tergantung jam terbang masing masing.

Mohon sekiranya jika artikel ini bermanfaat, sharing ke teman dan orang-orang lainnya. Terima kasih.




0 Response to "10 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Lovbird Betina"

Post a Comment