Cara Meracik Pakan Lovebird Ngekek Super Panjang



Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Juara, Siapa sih yang nggak mau kalau burung peliharaannya memiliki kemampuan ngekek sangat panjang, pasti mau kan?


Burung yang tergolong pada genus Agapornis ini memang memiliki tampilan fisik yang cukup menawan. Disamping keindahan yang terletak pada tubuhnya, burung berparuh bengkok ini ternyata juga menyimpan suara yang cukup menjanjikan. Ngekek berdurasi panjang adalah ciri khas dari suara lovebird. Mengingat tubuhnya yang indah sekaligus kemampuan berkicaunya yang cukup mumpuni, tak heran jika pengicau yang dikelompokkan pada keluarga atau suku Psittaculidae ini, hingga pada saat ini terus banyak dicari oleh para kicau mania dan juga kalangan pecinta jenis burung hias.

Pakan Racikan Lovebird Ngekek Super Panjang


Namun apabila merawat lovebird dengan tujuan untuk dijadikan burung kicauan, dalam upaya untuk memperolehnya tentu bukanlah perkara yang instan. Pasalnya selain dengan pemberian pakan-pakan terbaik yang mana mengandung nutrisi lengkap, pola perawatan lovebird harian biar ngekek panjang juga sangat berpengaruh besar untuk kedepannya.

Kalau pakan sudah diberikan sesuai dengan kebutuhan burung, begitupun rawatan hariannya juga telah dilaksanakan dengan baik, benar, teratur, konsisten, dan sesuai dengan karakter daripada burung itu sendiri, maka pelaung tercapainya pengicau yang mampu gacor ngekek panjang akan semakin besar.

Untuk melakukan perawatan lovebird bisa dikatakan dalam 2 kategori. Diantaranya yaitu lovebird untuk ternak dan juga lovebird untuk lomba. Untuk perawatan lovebird untuk lomba, mungkin anda pernah mendengar istilah lovebird konslet. Yang mana, lovebird konslet ini dalam hal perawatannya dikenal lebih mudah dan sering ngekek panjang di lapangan. Akan tetapi, untuk menjadikan lovebird konslet, sebaiknya anda semua harus memiliki pasangan lovebird lebih dari satu.

Sebab, biasanya lovebird merupakan jenis burung yang hidup berkelompok dan memiliki 1 pasangan selama ini hidupnya. Pada umumnya seperti ini dikenal dengan istilah monogami. Tak hanya itu saja, pakan racikan lovebird konslet juga harus diberikan lengkap menggunakan metode pelatihannya. Hal ini dilakukan agar lovebird peliharaan anda bisa berkualitas. Sekarang Anda sudah mengetahui rahasia membuat Lovebird Konslet yaitu dengan memberikan pasangan atau untulan sebelum lomba.

Istilah Ngekek banyak digunakan didalam dunia burung kicau. Ngekek menggambarkan kemampuan dari burung untuk berkicau selayaknya suara tembakan dan dengan nada irama yang unik. Istilah suara kasar pada burung lovebird juga biasa disebut suara tengkek buto. Jika burung lovebird sobat mampu ngekek panjang atau ngekek super panjang hingga hitungan menit, maka burung lovebird sobat telah siap untuk unjuk gigi pada suatu perlombaan.

Entah siapa dan kapan, pernah diantara kita semua salah tafsir perihal pemberian dan meracik pakan terhadap lovebird. Namun untuk memperlurus pengetahuan soal pakan pada lovebird, kita akan menjelaskannya secara singkat dan juga jelas, agar tidak ada yang salah duga lagi.

Terlepas dari itu semua, cara perawatan lovebird ngekek panjang sendiri, sebenarnya tidaklah rumit maupun sulit untuk diterapkan. Bisa dibilang begitu, sebab rawatan supaya burung jadi lebih rajin buka paruh, ternyata tidak jauh berbeda dengan setelan harian yang banyak diterapkan oleh para kicau mania pada umumnya. Sehubungan dengan itu, adapun beberapa setelan agar suara ngekek-nya berdurasi lebih panjang, antara lain dengan rutin memandikan sampai basah kuyup, mengatur pemberian pakan, dan memberikan multivitamin.



Perlukah Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Super Panjang?

Banyak pemula yang masih ragu apa benar kemampuan ngekek panjang burung lovebird dipengaruhi oleh racikan pakan tertentu atau tidak. Dari beberapa sharing session dengan para master lovebird, pakan menjadi faktor penting yang mendukung kemampuan lovebird ngekek panjang. Ada semacam Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Juara.

Hal ini diamini oleh Mas Anto Sragen, master penangkaran lovebird juara yang telah melintang buana dalam berbagai perlombaan lovebird. Lelaki yang sering disebut dengan sebutan Mas Anto Sragen ini adalah pencetak lovebird juara karena memiliki racikan pakan lovebird agar ngekek panjang. Mas Anto selalu menekankan untuk memberikan racikan pakan lovebird sejak dini karena akan lebih efektif dibandingkan metode lain. Mas Anto percaya kalau racikan pakan yang diberikan konsisten sejak dini hingga dewasa maka burung akan terbiasa dan tidak kaget sehingga pada waktu perlombaan bisa tampil secara prima.

Rahasia Racikan Pakan Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Juara

Makanan utama yang diberikan berupa milet putih, beras merah, canary seed dan jagung muda. Selain itu bisa juga diberikan voer BR1, kalau bisa sih yang voer khusus breeding.

Teknisnya untuk anakan dimasukkan dalam kandang induk biar anakan tetap dilolohkan oleh induknya. Kalau sudah dewasa (bisa makan sendiri tanpa dilolohkan) baru dipisahkan dengan induknya. Ketika sudah dipisah dari induknya, kita bisa memberikan makanan utama berupa milet putih, beras merah dan canary seed dengan perbandingan 5:2:1. Sedangkan untuk jagung muda sendiri tidak perlu diberikan setiap hari, cukup sekali dalam seminggu. Kalau Mas Anto sendiri biasanya membuat jadwal makan jagung muda pada Sabtu atau sehari sebelum lomba yang biasanya digelar pada hari Minggu.

Mengapa jagung diberikan setiap Sabtu? Hal ini karena jagung mengandung karbohidrat dan protein yang cukup tinggi sehingga di hari perlombaan lovebird akan memiliki banyak energi dan kekuatan yang mumpuni.



Cara Mudah Meracik Pakan Lovebird Agar Ngekek Super Panjang :


1. Milet secukupnya

2. Dua  telur ayam.

3. Dua tulang sotong.

Langkah – Langkah Meracik Pakan Burung Lovebird : 

  1. Langkah pertama milet dikeringkan. Tujuan nya agar kulit milet yang keras dapat menyerap bahan - bahan yang lainnya. Pengeringan milet bisa dilakukan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari selama beberapa jam. Atau di sarankan dipanggang menggunakan oven listrik ber suhu sekitar 150°C dengan waktu sekitar 5 menit. Setelah kering, simpanlah milet terlebih dahulu.
  2. Langkah Selanjutnya yaitu mencuci bersih telur dengan air. Ambil putih dan kuning telur kemudian aduk di panci / wadah yang telah disediakan sampai tercampur. 
  3. Sedangkan untuk kulit telur dikeringkan dengan panggangan oven selama 5 menit. kemudian di blender hingga halus. 
  4. Kemudian pada tulang sotong, ambilah bagian tengah tulang sotong yang warna putih, kemudian blender hingga halus. 
  5. Selanjutnya campurkan semua bahan, aduk sampai tercampur rata. 
  6. Kemudian bahan yang sudah tercampur, lantas dikeringkan dukup dengan diangin-anginkan. 
  7. Setelah kering, racikan milet sudah siap diberikan untuk burung lovebird.

Racikan Pakan ini dari Satwa.id

Pelatihan lovebird konslet sebenarnya cukup mudah, antara lain yaitu dengan memberikan untulan atau pasangan yang benar-benar disukai oleh lovebird tersebut. Dengan demikian, kunci utama dari Lovebird tersebut yaitu pasangan atau untulan.

Dan jika lovebird peliharaan anda telah memiliki pasangan yang serasi dan cocok, maka anda dapat memulai dengan sesi latihan. Akan tetapi, apabila anda belum bisa menemukan pasangan yang dirasa cocok, maka anda bisa coba mencari pasangan yang lainnya.

Intinya, sebaiknya lovebird tersebut diberikan pasangan dulu dan perhatikan apakah lovebird sudah dekat dengan pasangan atau belum. Dan sesudah itu, coba pisahkan lovebird dengan pasangannya. Setelah itu, coba anda perhatikan apakan lovebird peliharaan anda tersebut jadi konslet dan ngekek panjang atau cuma diam saja.

Jadi, selain memberikan pakan racikan lovebird konslet, anda juga harus melatih dan merawatnya dengan sebaik mungkin hingga berhasil. Untuk membuat lovebird konslet sesuai yang anda inginkan, maka anda harus bisa sabar dan telaten di dalam melakukan perawatan hariannya.


0 Response to "Cara Meracik Pakan Lovebird Ngekek Super Panjang"

Posting Komentar