Racikan Pakan Lovebird Konslet Kejer Dan Metode Latihannya





LB Konslet -- Dalam beternak lovebird dapat dikatakan ada 2 jenis yaitu lovebird untuk ternak dan lovebird untuk lomba. Dalam perawatannya lovebird untuk lomba ada istilah yang terkenal yaitu lovebird konslet.

Burung Lovebird Konslet terkenal dari gampangnya dalam perawatannya. Tidak jarang juga mau ngekek panjang di arena lomba. Tetapi untuk bisa menciptakan burung LB Konslet, Sobat harus mempunyai untulan / pasangan LB lebih dari satu.

Karena burung lovebird pada dasarnya adalah burung yang hidupnya berkelompok dan hanya memiliki satu pasangan saja atau monogami. Selain untulan, pakan racikan Lovebird Konslet juga harus diberikan lengkap dengan metode latihannya.

Tetapi pada saat kini, burung Lovebird dituntut untuk bisa menghasilkan banyak keturunan. Akhirnya   burung Lovebird pun dipoligami dengan cara 1 jantan 3 betina.

Selain bisa menciptakan burung Lovebird lebih produktif, burung LB yang dibuat tidak satu kandang dengan pasangannya malah membuat lovebird menjadi konslet / tampil gacor dan bisa ngekek sangat panjang.

Sekarang sobat sudah dapat memahami rahasia gimana menciptakan burung Lovebird Konslet. Yaitu dengan cara menyerahkan dari pasangannya atau untulannya sebelum lomba. Atau Lebih detailnya, bisa dapat membaca setingan atau perawatan burung Lovebird Konslet dengan pasangan / untulan di bawah ini :.


Cara Membuat Lovebird Konslet Kejer dengan Pasangan

  1. Mencarikan pasangan / untulan agar burung Lovebird Konslet dan memiliki birahi yang lebih stabil. Jika telah mempunyai pasangan yang pas, kemudian setiap hari harus disatukan, bisa di rumah atau baik di arena sebelum lomba dimulai. 
  2. Sebelum mengikuti lomba, Lovbird dimandikan bersama pasangannya atau untulannya. Sobat juga bisa memandikan burung Lovebird dengan cara pisah kandang tetapi tetap berdekatan.
  3. Dalam penjemuran burung LB pada hari lomba dilakukan dengan cara penjemuran bersamaan  pasangan atau untulannya di dalam sangkar. Dan lama durasi untuk penjemurannya, harap tidak melebihi waktu 15 menit.
  4. Waktu saat akan naik gantangan, burung LB dipisah dari pasangannya. Sebelum dipisahkan angin-anginkan terlebih dahulu pasangan Lovebird, kemudian pisahkan. Waktu lomba telah selesai, burung Lovebird di jadikan satu kandang lagi untuk bisa meredam birahinya. 
  5. Extra Fooding (EF) atau Pakan ekstra yang bisa diberikan yaitu berupa sayur-mayur seperti kecambah, bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya. 

Itu lah dasar-dasar dalam perawatan Lovebird konslet dengan untulan atau pasangannya. Nah saatnya  untuk membuat racikan pakan Lovebird konslet.


Membuat Racikan Pakan Lovebird Konslet Kejer

1. Racikan Pakan Lovebird Konslet Kejer dengan Bawang Putih Tunggal

Bahan - bahan : 
  • Pakan milet secukupnya
  • Bawang putih tunggal secukupnya 
  • Parutan 
  • Air hangat secukupnya 
  • Saringan 
Cara membuat :
  1. Beberapa bawang putih diparut hingga halus.
  2. Kemudian bawang putih tunggal yang sudah dihaluskan, direndam dengan air hangat. 
  3. Selanjutnya saring menggunakan saringan sisa - sisa bawang putih.
  4. Rendaman bawang putih tersebut digunakan untuk merendam milet dengan waktu beberapa jam. 
  5. Setelah direndam, sobat bisa mengeringkan milet hasil rendaman. Bisa dengan dijemur di bawah matahari atau di angin anginkan.
  6. Setelah kering, pakan milet sudah bisa diberikan untuk burung Lovebird sobat agar konslet dan bisa ngekek super panjang.
  7. Dalam pemberian milet khusus ini, waktu terbaiknya adalah waktu selesai mandi sore. Sobat juga dapat menambahkan jagung muda atau suplemen supaya Lovebird bisa tampil lebih konslet. 

2. Racikan Pakan Lovebird Konslet Kejer Dengan Jamu Tradisional


Bahan-bahan:
  • Kunyit 
  • Gingseng 
  • Kayu manis 
  • Temu ireng 
  • Telur puyuh
  • Madu 
  •  Minyak ikan 
Cara pembuatan:
  1. Semua bahan - bahan dicampur kemudian diblender.
  2. Tambahkan sedikit air supaya racikan pakan tersebut jadi encer. 
  3. Jika sudah encer, kemudian milet direndam di racikan pakan tersebut. 
  4. Milet direndam dengan waktu satu malam.
  5. Setelah satu malam, kemudian pakan konslet ini disaring dan dikeringkan. Cara pengeringannya bisa dengan di-oven atau bisa juga disangrai sampai berwarna kecokelatan.
  6. Setelah kering, racikan pakan lovebird konslet dengan campuran jamu ini sudah dapat di berikan ke  burung Lovebird sobat. 

Cara Melatih Lovebird Konslet Kejer dengan Untulan

Sebenarnya burung Lovebird agar bisa Konslet, cukup mudah dengan latihan. Yaitu dengan cara memberikan pasangan atau untulan atau jodoh. Jadi, kunci utamanya adalah untulan.

Jika burung Lovebird telah memiliki pasangan yang cocok, maka sobat bisa memulai latihannya. Tetapi, bila  sobat belum menemukan pasangan lovebird yang cocok, maka cobalah untuk mencari untulan yang lain.

Pada intinya, burung Lovebird diberikan pasangan atau untulan terlebih dahulu dan harap diperhatikan apakah burung LB telah dekat dengan pasangannya atau belum.


Kemudian setelah dirasa cocok, coba pisahkan kedua Lovebird tersebut. harap diperhatikan apakah burung  LB jadi ngekek atau cuma berdiam diri saja.

Jika Lovebird merespon biasa saja dan tidak ada reaksi kehilangan, maka cobalah unutk mencari untulan lainnya hingga cocok dengan Lovebird sobat. 

Jika burung Lovebird telah terlihat gacor, konslet, dan ngekek super panjang dengan pasangan atau untulannya tersebut. Maka berarti telah ada ikatan batin antara pasangan tersebut.

Sobat jadi lebih gampang melatih burung Lovebird, Sebab sobat sudah mempunyai untulan yang pas dan cocok. Sobat hanya tinggal memberikan sebuah setingan Lovebird Konslet dengan cara pisah gabung setiap hari.

Dan jangan lupa untuk memberikan racikan pakan Lovebird konslet dan juga vitaminnya. Agar penampilan burung Lovebird lebih ganteng dan maksimal. Dan jangan lupa juga jaga kebersihan kandangnya.

Demikian racikan pakan dan latihan Lovebird Konslet lengkap. Untuk bisa membuat burung Lovebird Konslet yang terpenting adalah dengan adanya untulan / pasangan. Lalu berikan racikan pakan yang telah dibahas diatas.

Racikan pakan Lovebird tidak lah sama setiap peternak. Bahkan, setiap peternak memiliki racikan pakan yang dirahasiakan. 




0 Response to "Racikan Pakan Lovebird Konslet Kejer Dan Metode Latihannya"

Post a Comment