4 Jenis Pakan Lovebird Agar Cepat Birahi dan Bertelur




Jika membicarakan keunikan dari burung LB tidak akan pernah habisnya. Burung LB juga bisa dijadikan sebagai hiasan di rumah atau Lovebird bisa ikut lomba suara maupun lomba kecantikannya. Tidak sedikit orang yang telah sukses atau bahkan kaya rupiah hanya dengan beternak burung lovebird. Harga burung lovebird juga ditentukan dari panjang suaranya / ngekekan dan bisa juga dari sisi warnanya.

Untuk warna burung lovebird yang semakin cantik dan bervariasi dan harganya bisa mahal. Sedangkan untuk harga burung LB yang paling murah yaitu dari jenis burung lovebird hijau standar / ijo standart (josan) dan untuk harga burung LB yang paling mahal saat ini dipegang oleh dari jenis burung LB opaline dan biola.

Tidak sedikit orang tergiur dari keuntungan yang fantastis dari usaha ini, dan pada akhirnya mencoba ikut beternak burung LB. Jika melihat orang yang telah sukses dalam berternak burung lovebird, rasanya sangat mudah dalam berternak burung lovebird.

Tapi pati di belakangnya itu sudah pernah merasakan manis dan pahitnya dalam usaha beternak burung lovebird. Memang dalam berternak burung, yang paling murah biayanya dan paling mudah yaitu beternak burung lovebird bila dibandingkan dengan burung lokal lainnya ataupun burung import / luar negeri.

Misal ada pemula yang ingin lovebird indukannya agar cepat bertelur dan dalam mengerami telurnya ternyata tidak semudah yang dipikirkan. Jika burung lovebird tidak kawin-kawin ya mungkin lovebird akan bertelur namun telurnya tidak berisi atau tidak terbuai.

Jadi ada beberapa trik dan tips agar burung LB mau kawin dan bisa bertelur. pada postingan ini akan membagikan trik dan tips cara pemberian pakan burung lovebird supaya cepat birahi dan segera bertelur.



4 Jenis Pakan Burung LB Agar Cepat Birahi dan Bertelur :



1. Pakan Kangkung

Sayuran kangkung memiliki banyak kandungan zat besi. Jika manusia yang berpenyakit anemia, sangat dianjurkan mengkonsumsi sayuran yang hijau semacam kangkung. Berikut testimoni dari peternak yang hanya menggunakan pakan tauge dan kangkung

Jenis - jenis sayuran kangkung yang ada di Indonesia ada kangkung darat dan juga kangkung air. Kangkung darat ditanam dengan media bertanah dan kangkung air ditanam dengan media tanah tetapi berair contohnya di daerah persawahan. Sayuran kangkung darat lah yang paling baik untuk pakan lovebird.

Itu karena kangkung darat ini lebih bersih dan higienis dari bakteri - bakteri yang terdapat didalam air. Dan juga kangkung darat memiliki tekstur yang lebih lembut dan lemas bila dibandingkan dengan kangkung air yang agak cenderung kaku.

Dalam pemberian sayuran kangkung untuk lovebird indukan diberikan setiap harinya. Sebaiknya sayuran kangkung dipotong - potong terlebih dahulu dan kemudian ditaruh pada wadah khusus. Dari beberapa pengalaman, sayuran kangkung yang tidak dipotong-potong, lovebird akan membawa masuk ke dalam glodoknya untuk dijadikan sebagai sarang / cadangan pakan.

Harap diperhatikan, sebelum kangkung diberikan pada lovebird, sebaiknya dibersihkan dahulu dan di cuci bersih dengan air mengalir. Jika lovebird sudah mengerami telurnya, Harap dihentikan pemberian sayuran kangkungnya. Jika tidak nanti lovebird akan over birahi dan terus terusan kawin tanpa mau mengerami telurnya.

Manfaat sayuran kangkung untuk lovebird:
  • Dapat meningkatkan birahi LB jantan dan betina
  • Dapat melancarkan sistem pencernaan lovebird
  • Dapat mencegah stres burung lovebird
  • Dan mengandung vitamin yang dibutuhkan burung lovebird.


2. Kecambah Kacang Hijau atau Tauge
 
Selain sayuran kangkung, ternyata kecambah kedelai hijau atau biasa disebut tauge juga dapat meningkatkan birahi burng LB. Jika pada manusia, tauge bermanfaat untuk menyuburkan organ reproduksi sehingga wanita mudah hamil. Dan sama hal dengan burung LB, tauge juga bagus dalam menyuburkan organ reproduksi LB sehingga mudah akan kawin. 


3. Biji Bunga Matahari atau Kwaci / Kuaci
 
Kuaci ini bisa dikatan sebagai cemilan untuk lovebird. Pakan yang biasa dijual di toko burung, biasanya terdapat campuran milet merah putih, fumayin, kenari seed, dan biji kwaci. Biji kuaci juga bisa untuk meningkatkan birahi pada lovebird.

Sedangkan untuk lovebird lomba, jangan diberikan kuaci karena akan bisa meningkatkan birahinya dan membuat malas ngekek panjang. Efek birahi dari kuaci ini masih kalah bila dibandingkan dengan kangkung ataupun tauge.



4. Jagung muda

Jagung muda juga memberikan efek meningkatkan birahi namun tak sebesar efeknya bila dibandingkan dengan kangkung maupun tauge, namun bisa dijadikan sebagai variasi pakan agar lovebird tidak bosan dan banyak nutrisi.

Jagung muda jika terlalu sering diberikan untuk LB akan membuat LB betina kegemukan atau biasa disebut nglemak / nggajih. Jika sudah kegemukan, maka LB betina tidak akan bisa bertelur. Sama dengan halnya yang terjadi pada ayam yang kegemukan. Ayam tersebut juga tidak akan bisa bertelur.

Jadi cukup berikan jagung muda hanya sebagai selingan. Cukup seminggu sekali sudah baik. Namun bila indukan LB sedang meloloh, maka tiap dua hari sekali, berikan jagung muda. Jagung muda memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat membuat anakan LB cepat besar.


Faktor Lingkungan Yang Nyaman Membuat Lovebird Cepat Birahi Dan Bertelur
 
Selain dari ke-4 jenis pakan burung lovebird di atas. Faktor lingkungan yang nyaman juga mempengaruhi untuk lovebird bereproduksi. Lovebird akan mau kawin jikalau lingkungan disekitarnya tidak ramai dan juga tidak sering terlihat manusia. Jika lingkungan tempat kandangnya mendukung  seperti tidak ramai dan juga tidak ada predator semacam ular, tikus, ataupun kucing, maka burung lovebird akan nyaman dan tenang.

Kebanyakan peternak burung lovebird membuat ruangan khusus untuk hanya beternak lovebird. Jika tidak bisa menempatkan kandang LB di belakang rumah / di halaman rumah, Bisa sekiranya ditempatkan di tempat yang sepi dan tidak ada orang yang lalu lalang.





0 Response to "4 Jenis Pakan Lovebird Agar Cepat Birahi dan Bertelur"

Post a Comment