4 Manfaat Sawi Putih Untuk Burung Lovebird



Lovebird memiliki keunikan berupa warna bulunya yang sangat beragam, bisa mencapai ratusan. Karena sifatnya mudah bermutasi, warna bulu burung bernama latin Agapornis ini bisa dibuat sesuai keinginan penangkarnya. Di beberapa negara Asia, terdapat lovebird warna-warna khusus yang tidak beredar di pasaran, seperti merah, biru, hitam, putih, atau kuning polos.

Dari sekian banyak jenis yang ada, burung lovebird yang banyak diincar di Indonesia masih terbatas pada empat jenis saja, yaitu lovebird lutino, hijau, holand, dan kacamata. Jika Anda tertarik untuk memelihara burung cinta ini, ada baiknya kenali lebih dulu masing-masing jenis burung ini.

Baca juga 7 Tips Cara Cepat Mengawinkan Lovebird

Pakan adalah hal yang wajib dalam pola perawatan Lovebird (LB), karena Makanan adalah sumber tenaga untuk kelangsungan hidup Lovebird dan sangat berpengaruh pada performanya. Pakan yang tepat dan berkualitas tentu akan menjadikan Lovebird (LB) sehat dan cerewet serta rajin ngekek. Oleh karena itu, kita sebagai perawatnya harus paham tentang pakan Lovebird yang bagus kandungan gizinya dan apa manfaatnya untuk Lovebird, serta dampak positif dan negatifnya pada Lovebird.

Pakan untuk Lovebird (LB) dibagi menjadi dua kategori, yaitu makanan pokok dan makanan tambahan/Ekstra fooding (EF). Makanan pokok adalah pakan yang wajib diberikan setiap hari, sedangkan Ekstra fooding (EF) adalah pakan yang diberikan hanya jika dibutuhkan saja atau sebagai pakan tambahan saja.

Pemberian makanan tambahan pada burung lovebird merupakan hal wajib bagi seorang peternak. Karena lovebird sehat dan bahagia berawal dari makanannya. Baik untuk lovebird ternak yang akan menghasilkan anakan yang berkualitas, maupun untuk lovebird kicau agar peforma yang dihasilkan memuaskan.

Selain makanan pokok yang berupa millet putih maupun canary seed, adakalanya untuk membrikan makanan berupa sayuran. Fungsi sayuran ini bermacam macam, ada yang menaikkan birahi burung lovebird ada juga untuk menurunkan birahi burung lovebird.

Selain itu sayuran juga berfungsi sebagai asupan tambahan dan pemicu agar lovebird cepat kawin dan bisa juga agar cepat bertelur.  Bisa juga sebagai asupan nutrisi bagi anak anak lovebird yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Ada banyak jenis makanan tambahan yang cocok untuk burung lovebird yaitu ada kangkung, jagung, sawi, kecambah atau tauge, pokcoy atau pakcoy, sawi putih, dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini kita akan membahas manfaat sawi putih untuk lovebird.

Baca Juga : 3 Racikan Jahe Untuk Lovebird Rajin Ngekek

Sawi adalah tumbuhan atau sayuran dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun dan bunganya sebagai sayur untuk santapan manusia. Bisa di makan langsung maupun harus diolah terlebih dahulu. Di Indonesia terdapat sebutan sawi yaitu sawi putih dan sawi hijau.

Bukan hanya kenari saja yang dikasih extra makanan berupa sawi putih, tetapi untuk burung lovebird juga perlu dikasih Sawi Puith dan Hijau


Kandungan nutrisi dan vitamin pada Sawi Putih

Sayuran Sawi ini mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan burung Lovebird / lakbet. Tanaman sawi juga mengandung inoles yaitu senyawa yang dapat mencegah kerusakan sel. Ada juga senyawa karoten, lutein, dan zat zeaxanthin yang terdapat pada tanaman sawi

Kandungan vitamin A dan C yang tinggi dapat menutupi kebutuhan vitamin burung lovebird kesayanga anda. Maka jangan lupa berikan secara berkala sawi putih pada burung lovebird anda agar selalu sehat dan tumbuh kembang yang baik.

Baca Juga : Rahasia Dibalik Terapi Bambu Lovebird Juara



4 Manfaat Sawi Untuk Lovebird

  • Manfaat sawi putih untuk burung lovebird secara umum yaitu untuk mempercepat pembekuan darah, menghambat keroposnya tulang, dan juga sebagai pelancar pencernaan yang ada didalam perut burung lovebird.
  • Manfaat lain dari sawi untuk lovebird yaitu dapat mengatasi kegemukan. Daun sawi ini baik untuk kegemukan Lovebird. Sebab pada daun sawi ini rendah kalori dan lemak namun memiliki serat yang bagus untuk menurunkan berat badan dari burung lovebird.
  • Manfaat sawi putih bagi burung lovebird sendiri yaitu sebagai penambah serat, sumber kalsium, dan sumber vitamin. Sawi putih memiliki sifat yang stabil untuk birahi, jadi cocok untuk diberikan kepada lovebird ternak maupun lovebird kicauan.
  • Sawi putih juga bermanfaat untuk menjaga bulu-bulunya agar selalu berkilau cantik.

Baca juga 5 Cara Mengatasi Kebiasaan Lovebird Gesek Tangkringan / gestang


Cara Pemberian Sawi Putih ke Burung Lovebird

Anda bisa memberikan sawi putih ke burung lovebird 3x dalam seminggu. Karena makanan yang berupa sayuran ini hanya sebagai makanan tambahan bagi burung lovebird. Bukan sebagai makanan pokok. Makanan pokok burung lovebird yaitu biji bijian berupa milet.

Pemberian sawi bisa di selang seling sesuai dengan jadwal pemberian extra fooding. Dianjurkan untuk menerapkan pola makan secara seimbang agar nutrisi didalam tubuh Lovebird bisa terpenuhi dengan baik sebagai tahap tumbuh dan berkembangnya.



Sekian dari kami, Semoga menambah wawasan anda, Terimakasih kembali

Belum ada Komentar untuk "4 Manfaat Sawi Putih Untuk Burung Lovebird"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel