4 Tanda Lovebird Siap Kawin dan Bertelur



Burung cinta atau lovebird belakangan ini sangat digandurngi oleh kalangan kicau mania, lantas hal tersebut menjadikan peluang bisnis untuk menambah pundi-pundi keuangan. Saat ini banyak orang yang sudah memutuskan untuk membudidayakan jenis burung satu ini, disamping budidaya lovebird tidak lah mahal, perawatannya pun mudah seperti Cara Budidaya Burung Muria Ekor Panjang, ditambah cara budidaya lovebird agar cepat bertelur pun mudah diketahui.

Sala satu daya pikat dari burung ini ialah bentuk fisiknya yang terlihat indah dan memiliki bulu eksotis berwarna cerah serta enak untuk dipandang mata. Secara umum loverbird mempunyai tinggi 13 cm hingga 17 cm dengan berat kurang lebih 40 gram sampai 60 gram berekor panjang serta berparuh besar.

memiliki lovebird yang berkualitas tentunya menjadi hal yang paling banyak orang inginkan, namun untuk mendapatkan hasil kicauan yang bagus dari lovebird itu sendiri membutuhkan perawatan yang rutin setiap harinya, agar bisa tumbuh menjadi lebih sehat dan aktif. Tidak semua pemilik burung peliharaan tau dan bisa melakukannya dengan cara yang tepat yang dapat membuat lovebird menjadi sehat dan juga aktif.

Jika anda belum melakukan perawatan yang rutin dari lovebird yang sedang dipelihara, maka bisa dengan melakukan tips pada penjelasan di bawah ini dengan lengkap.Cara ternak lovebird merupakan langkah yang tepat bagi seseorang yang ingin mengembangbiakan menjadi lebih banyak sehingga dengan cepat bertelur dan memproduksi anakan yang baik pula.

Beberapa teme-temen yang memiliki lovebird yang berkualitas dengan suara kicaun yang indah tentunya dapat menjadikan anakan dari burung tersebut dapat meningkat harganya. Dari pada menjual indukan berkualitas karena kicauannya bagus dengan harga mahal, maka sebagian orang lebih memilih mengembangbiakannya menjadi lebih banyak dan lebih banyak menjual harga tinggi dari turunannya tersebut.

Ciri-ciri atau Tanda Indukan Lovebird Mau Kawin adalah salah satu tahap yang penting yang harus di pahami setiap peternak atau breeder. Berikut ini adalah ulasan tentang ciri-ciri Lovebird yang siap kawin. Beternak Lovebird membutuhkan kesabaran.





Breeding Lovebirds tidak terlalu sulit alias mudah. Jika anda sudah melakukan persiapan untuk beternak burung ini dan peralatan beternak sudah anda cukupkan maka yang harus Anda lakukan sekarang adalah memeriksa apakah Lovebird Anda siap untuk tangkarkan atau belum.

Ciri-ciri atau Tanda Indukan Lovebird Mau Kawin adalah :
  • Sepasang indukan akan menghabiskan hampir sepanjang hari bertengger berdampingan.
  • Saling menyuapi – Pejantan biasanya menyuapi indukan betina dengan mengunyahkan makanan.
  • Pejantan akan mengambil posisi di belakang indukan betina – setelah Anda melihat ini berarti bahwa burung akan kawin dan hampir siap untuk berkembang biak. Cobalah untuk mengamati mereka ketika Anda melihat ini.
  • Tanda Lovebird Kawin adalah Induk betina membuka sayapnya kemudian Pejantan di atas punggungnya.

Kalau sudah muncul ciri kawin seperti di atas maka Anda harus memberikan mereka beberapa bahan bersarang seperti potongan bambu yang tipis tipis, kulit jagung, atau kertas putih polos. Cobalah untuk mengamati Lovebird anda . Jika burung membuat strip dari bahan-bahan yang Anda beri dan bahan sarang di selipkan ke bulu punggungnya artinya bahwa induk betina sedang membuat sarang mereka.

Setelah Anda melihat keduanya kawin, coba amati mereka sesering mungkin dari kejauhan. Terus pantau saat LoveBirds kawin, amati tempat di mana mereka melakukannya. Jika mereka kawin pada tempat bertengger, pastikan bahwa tempat bertengger tidak bergerak untuk mencegah gagalnya pembuahan. 

Jika burung Anda kawin di bagian bawah kandang pastikan bahwa tidak ada hambatan bagi mereka sehingga mereka dapat bergerak. Juga Anda perlu memastikan bahwa mereka dapat mengepakkan sayap mereka tanpa mengenai apapun.


Ciri-ciri Lovebird akan Bertelur


Tanda-tanda Lovebird Akan Bertelur. Artikel berikut akan menjelaskan ciri atau tanda Lovebird akan Bertelur sehingga akan mempermudah anda mengetahui kondisi lovebird anda.

Sesuatu yang paling ditunggu para breeder / peternak pemula yang bikin deg-degan sekaligus gregetan adalah menjelang Indukan Lovebird Bertelur. Karena segala usaha atau upaya yang dilakukan akan menuju keberhasilan ke arah Gol kalau Lovebird bertelur Artinya sudah mencapai keberhasilan sekitar 75% karena kalau sudah bertelur maka tinggal menunggu gol 100%

Dalam hati breeder pemula biasanya bertanya tanya, “sudah mau bertelur belum ya Lovebird saya?” . Baik, langsung saja kita bahas apa ciri tanda Lovebird akan bertelur.

Berdasarkan pengamatan para breeder senior yang sudah banyak membahas Cara Ternak Lovebird dijelaskan bahwa Lovebird betina yang siap bertelur punya tanda tanda sebagai berikut:
  • Terjadi peningkatan berat badan daripada kondisi biasanya, dan yang menunjukkan pembesaran adalah daerah perut. Maka anda harus jeli mengamati sebelum bertelur agar bisa membandingkan setelah terjadi pembuahan atau terjadinya ritual perkawinan.
  • Nafas Lovebird betina akan bertambah berat atau agak terengah engah di banding kondisi normal sebelum hamilnya.
  • Pantat Lovebird betina bertambah besar.
  • Indukan Lovebird betina banyak menghabiskan waktunya dalam kotak sarang.
Itulah tanda-tanda yang paling mudah anda lihat ketika Lovebird anda hamil menjelang bertelur. 


0 Response to "4 Tanda Lovebird Siap Kawin dan Bertelur"

Posting Komentar