Cara Mudah Menjodohkan Burung Lovebird



Cara Menjodohkan Lovebird atau Mengawinkan Lovebird. Perhatikan Ulasan yang jitu Kiat menjodohkan lovebird berikut. Walaupun burung ini relative mudah untuk dipasangkan alias dijodohkan, akan tetapi tidak sedikit breeder pemula yang mengalami kesulitan mengawinkan LoveBird. Salah satu tahap awal untuk beternak burung lovebird adalah proses pejodohan. Bisa dibilang proses ini gampang-gampang susah karena kenapa? karena dalam banyak kasus khususnya untuk breeder pemula ditemukan melakukan perjodohan yang keliru, banyak kasus ternyata kita salah menjodohkan bisa jadi si jantan dan jantan atau betina dan betina yang kita jodohkan.

Kasus ini sering dialami penangkar lovebird, khususnya pemula. setelah lama menunggu ternyata dua induk yang sudah berpasangan cukup lama, sering bercumbu, namun tak kunjung bertelur rupanya kedua induk berjenis kelamin jantan. Kasus lainya adalah kita menemukan telur di sarang burung lovebird atau glodok mungkin bertelur sampai 6-8 telur begitu senang pastinya, tetapi setelah ditunggu sekian lama ternyata telur tak kunjung menentas karena tidak dibuahi dengan sperma jantan karena kenyataanya jenis kelamin keduanya adalah betina dan betina.

Oleh karena itu sebelum breeder masuk ke proses penjodohan hendaknya pahami dahulu ciri perbedaan lovebird jantan dan betina sehingga breeder tidak salah melakukan penjodohan. Cara / Tips menjodohkan LoveBird termudah dan cepat adalah menjodohkan dari semenjak anakan / lovebird muda. Masukan beberapa ekor LoveBird dalam satu kandang umbaran, rawatlah dengan baik, dan kita beri makanan yang cukup gizi dan terjamin kebersihannya.




Ketika sudah mencapai umur 9 bulan, pantaulah gerak-geriknya. Ciri-ciri atau tanda ketika mulai birahi akan melakukan gerakan-gerakan seperti salaing bercumbu dan LoveBirdpejantan akan mulai belajar Kawin dengan menaiki punggung si betina seperti maukawin. Pantau terus pasangan tersebut. Jika gelagat ini berlanjut sampai beberapa hari, maka segera pindah atau pisahkan pasangan itu dari kelompoknya dan tempatkan dalam satu kandang yang lain. 

Gunakan kandang baterai yang mudah dipindahkan. Jemur dan mandikan di pagi hari. Waktu mandi dan berjemur pagi yang terbaik adalah pukul 10.00 ke bawah, dimana sinar matahari pagi tidak terlalu terik dan panas. Berikan jeda waktu untuk penyesuaian bagi pasangan lovebird tersebut. 

Lama waktu yang kita butuhkan biasanya berkisar 3 sampai 6pekan untuk memastikan bahwa pasangan tersebut sudah berjodoh dan siap kita tangkarkan.
Hal yang perlu kita ingat adalah Jangan terburu-buru masukkan glodok/gowok/ kotak sarang LoveBird terlalu awal karena kotak sarang lovebird/glodok yang kitamasukkan terlalu cepat akan menyibukkan pasangan LoveBird bermain-main dengan kotaknya karena kotak dianggap sebagai mainan yang menarik. 

Akibatnya kalau mereka sibuk dengan kotak glodok itu pada akhirnya menghilangkan rasa Birahi pasangan itu.

A. LoveBird Siap Ditangkarkan

Pada umur berapakah burung Love Bird bisa dan siap dikembangbiakkan? Usia untuk penangkaran indukan Love Bird adalah sekitar umur 1 tahun. jika perawatan di lakukan dengan baik dan intensif maka 10 bulan sudah akan menunjukkan ciri-ciri akan kawin danbertelur pada Love Bird betina dan birahi pada pejantan. 

Amatilah, Pasangan yang sudah dipisahkan. kalau sudah melihat pasangan kawin dengan klop dan sempurna, dalam arti ritual perkawinan itu berjalan cukup lama yaitu pejantan tidak jatuh dari punggung lovebird betina, artinya pasangan lovebird itu sudah siap melakukan reproduksi. 

Maka yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan kandang penangkaran yang dilengkapi kotak sarang didalamnya. Masuikkkan pasangan sejoli itu dan tunggu sampai pasangan itu sampai bertelur.
Pasangan yang kita masukan di kandang penangkaran biasanya akan segera membuat sarang di kotaknya. Usahakan didalam kotak kita sediakan bahan serutan kayu setinggi 1-2 cm sebagai alas sarang. Lalu berikan juga kulit jagung muda yang kita letakkan di dalam kandang. 

Sang Burung betina biasanya akan aktif sekali mengambil kulit jagung dan dirobek-robeknya dengan paruhnya lalu kulit jagung itu dibawa masuk ke kotak sarang. Sang jantan yang baik akan rajin menolong si betina. Disini ambil kesimpulan apakah nantinya pejantan akan berlaku sebagai bapak yang baik dan rajin meloloh si betina dan anaknya.
kita sediakan Kulit jagung muda karena kulit jagung sebagai salah satu media untuk membuat sarang bagi pasangan burung. Selain itu kita juga dapat memakai daun cemara kering, rumput kering, sabut kelapa dan daun palem dan lainnya.



B. Ritual Kawin
Mengamati pasangan Love Bird yang birahi dan kawin sangatlah menarik. Gaya dan geraknya mereka sangat mempesona. mari kita perhatikan sendiri. Love=cinta adalah julukan yang menemepel pada burung ini. Bayangkan apalagi ritual kawin mereka.
Pejantan akan memulai dengan tarian yang memadukan gerakan tubuh dan kakinya. Pejantan mencumbui si betina dengan menyuapinya. Apabila kita lihat seperti pasangan yang sedang berciuman. Semakin sering pejantan menyuapi si betina maka induk betina akan segera akan mengembangkan kedua sayapnya seolah menyambut mempelai prianya. 

Lalu perkawinan pun segera berlangsung untuk waktu lama. Burung Love Bird sangat menikmati ritual perkawinan ini hingga mencapai orgasme baik pejantan dan betina.

C. Pasangan Sejati
LoveBird adalah burung monogami, mereka akan berpasangan seumur hidup. Ikatan jodoh mereka kuat sekali. Bila salah satu pasangan mati, LoveBird cenderung akan sulit dicarikan pasangan barunya. Lovebird Perlu waktu yang lama untuk melupakan pasangan hidupnya.

Semoga Bermanfaat


0 Response to "Cara Mudah Menjodohkan Burung Lovebird"

Posting Komentar