Tips Cara Cepat Mengawinkan Lovebird



Salah satu jenis burung yang dewasa ini menjadi burung yang banyak diminati oleh kebanyakan orang ini saat ini telah menjelma sebagai burung hias dan burung ternak yang biasa dipelihara di rumahan. Bagaimana tidak, jenis burung ini memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri yang jarang ditemui di jenis burung lainnya. jenis burung ini memiliki suara kicauan yang khas dn merdu. Tidak heran jika jenis burung lovebird ini banyak diikutkan di ajang kontes ataupun lomba burung berkicau.

Ditambah lagi dengan pesoleknya yang sangat memuaskan pemilik ataupun penontonnya yang menambah keunikan dan peminat dari burung lovebird ini. Seiring dengan banyaknya peminat dari burung jenis lovebird ini, alangkah lebih baiknya jika anda mengembangbiakkan sendiri dengan cara menjodohkan dua burung lovebird ini dengan jenis kelamin yang berbeda. terlebih lagi jika anda adalah seorang penggemar berat burung, tentu ini adalah salah satu hal yang sangat tepat untuk anda lakukan.

Lovebird atau bahasa indonesianya adalah burung cinta. Burung ini dinamakan lovebird bukan tanpa alasan, melainkan karena burung ini sangat setia pada pasangannya sampai mati. Ada yang mengatakan bahwa burung ini akan berpasangan sampai mati. Saking setianya jika salah satu pasangannya mati atau dipisahkan maka pasangan satunya akan stres lalu jatuh sakit dan mati.

Tips Cara Cepat Mengawinkan Lovebird


Kembali pada pembahasan mengawinkan lovebird. Lovebird akan kawin jika satu sama yang lainnya cocok dan berjodoh, sehingga perlu menjodohkan lovebird terlebih dahulu. Ya mirip-mirip dengan menjodohkan merpati lah. Jadi sebelum kawin perlu dijodohkan dulu ga langsung kawin ya. Ada beberapa metode dalam menjodohkan lovebird, berikut diantaranya :





Cara Menjodohkan Lovebird



Dengan menjodohkan lovebird dengan jenis kelamin yang berbeda ini, anda bisa mendapatkan anak lovebird dengan gratis dan dengan jumlah sesuai dengan kebutuhan anda. Lalu bagaimana cara menjodohkan lovebird yang mudah dan bisa dilakukan oleh para pemula?

Nah bagi Anda yang memiliki sepasang lovebird dan ingin menjodohkannya, tentunya Anda harus memastikan terlebih dahulu jika lovebird Anda itu berjenis kelamin jantan dan betina. Untuk bisa membedakannya, Anda bisa membaca artikel ini 10 Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina. Jika sudah, selanjutnya Anda harus memastikan apakah lovebird Anda itu sudah siap untuk dikawinkan nantinya, dalam hal ini apakah umurnya sudah cukup matang.

Sebelum menjodohkan lovebird perlu diperhatikan, lovebird yang dikatakan matang reproduksinya dan siap berkembang biak adalah sekitar 8 bulan keatas, rekomendasi umur 1 tahunan baik jantan maupun betinanya.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan penjodohan adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan keduanya jantan dan betina
  2. Umur keduanya sudah sama-sama matang
  3. Pahami musim kawin

Untuk point ke-3 akan dijelaskan lebih detail lagi. Jadi sebelum mengawinkan Anda harus tahu terlebih dahulu musim kawin untuk jenis lovebird yang Anda miliki. Umumnya musim kawin terjadi pada bulan-bulan Februari hingga April dan Oktober. Namun untuk jenis-jenis lainnya terjadi pada bulan Januari sampai Juli,
Oh ya, jika Anda merasa hal itu cukup merepotkan, Anda bisa kok mengabaikannya, soalnya itu hanya pelengkap saja, jadi tidak perlu untuk Anda jadikan patokan.


Menjodohkan sepasang lovebird

Bagi anda yang ingin menjodohkan lovebird hanya sepasang jantan dan betina lovebird teknis yang bisa dilakukan adalah

1. Pilih lovebird betina dan jantan, yang muda (remaja) lebih baik lagi, jika sudah matang juga tidak masalah.

2. Jika masih muda bisa langsung disatukan kedalam 1 kandang yang sama, biarkan sampai mengenal. Jika sudah dewasa terlebih dahulu pisahkan kedalam kandang yang berbeda. Perkenalkan lovebird dewasa dengan menempelkan kandang dan biarkan saling melihat terlebih dahulu. Jika sudah terlihat akrab bisa disatukan dalam satu kandang.

3. Jika sudah saling bercumbu adu paruh atau menyisir rambut biasanya sudah jodoh.
Lovebird adalah burung yang dikenal sebagai burung pemilih, apalagi jika sudah dewasa. Kadang jika tidak suka maka tidak mau jodoh. Makanya kebanyakan pecinta lovebird langsung menjodohkan lovebird mereka dari umur remaja bahkan anakan agar saat dewasa langsung berjodoh.



Menjodohkan lovebird dalam kelompok / koloni

Cara ini adalah cara yang efektif sekali karena lovebird bisa memilih pasangan sesuai hati mereka. Dan secara alamiah mereka adalah burung koloni yang hidup berpasangan dalamkelompok. Intinya siapkan kandang yang cukup besar, gupon lovebird, dan beberapa lovebird (misal 4 jantan dan 4 betina), teknisnya.

1. Siapkan beberapa ekor lovebird jantan dan beberapa ekor betina, jangan sampai jumlah jantan melebihi jumlah betina, lebih baik betina yang lebih banyak atau pas sepasang-sepasang. Lebih baik umur yang sudah siap kawin.

2. Siapkan gupon, kandang, sarang lovebird biasanya banyak dijual di toko burung. Susun dengan jarak yang kira-kira aman. Jumlah gupon harus pas atau melebihi jumlah pasangan lovebird.

3. Masukkan semua lovebird kedalam kandang besar, tunggulah sampai mereka saling berpasangan satu sama lainnya.

Metode ini sangat cocok untuk sobat yang kesulitan dalam membedakan antara jantan dan betina, karena nantinya sobat hanya tinggal mengamati lovebird yang sering berduaan, maka kemungkinan besar lovebird tersebut berjodoh. Tetapi, terkadang juga ada lovebird yang memiliki jenis kelamin sama berdiri berdampingan, maka dari itu, pengetahuan dalam membedakan jantan dan betina sangat diperlukan.

Cara Mengawinkan Lovebird


Langkah selanjutnya adalah mengawinkan lovebird, proses ini cukup ditunggu saja, jika sudah jodoh insya allah lovebird akan kawin dan mulai bertelur. Yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan sarana, pakan, dan perawatan yang benar agar lovebird merasa nyaman. Lovebird akan bertelur sebanyak 1-4 butir atau bisa juga lebih. Proses mengeram biasanya sekitar 21 harian,kurang lebih 3 minggu. Jaga selalu makanan lovebird terlebih jika sudah mempunyai anakan.


Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur



Burung betina yang telah mencapai umur dewasa kelamin secara berkala akan memproduksi sel telur (ovum). Lalu diproses sedemikian rupa dalam saluran reproduksinya. Termasuk di dalam pembungkusan ovum dengan bahan kerabang ataupun cangkang yang ada di dalam oviduct. Serta dikeluarkan melalui kloaka pada bentuk telur seperti pada umumnya.

Kalau burung betina dikawini burung jantan, maka sebelum pembungkusan oleh bahan kerabang, sel sperma dari burung jantan akan membuahi dulu sel telur / ovum. Yang hasilnya terlihat dari adanya noktah berwarna hijau pada terdapat pada permukaan kuning telur, yang disebut dengan discus germinalis/ bakalan calon embryo. Akan tetapi, apabila burung betina tidak dikawini oleh burung jantan, telur akan dikeluarkan tanpa mengandung bakal calon embryo.

Yang nantinya tak akan pernah menetas meski dierami induknya atau ditetaskan menggunakan inkubator. Telur yang tidak terdapat bakal calon embyo seperti inilah yang dikatakan sebagai telur infertil atau tidak subur. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini cara ternak Lovebird agar cepat bertelur.

Memasang lampu full spektrum dalam kandang penangkaran

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur harus menggunakan lampu jenis full spektrum. Sebab penerangan ini memiliki spektrum yang mendekati spektrum sinar matahari. Jadi begitu bermanfaat tidak hanya untuk manusia saja, melainkan juga mahluk hidup lainnya seperti burung dan tumbuhan. Lampu ini juga memiliki suhu warna 5500 K (Kelvin). Sehingga membuat nyaman secara visual, yang berarti bisa memberi suasana tenang dan sejuk pada burung dalam kandang.

Tempatkan lampu pada bagian atas kandang penangkaran. Lampu penerangan ini juga dapat dipakai dalam kandang yang jarang terkena cahaya atau sinar matahari. Apabila dibiutuhkan, timer bisa dipasang agar burung bisa beristirahat minimal 10 jam dalam kondisi gelap, misalnya pada malam hari.


Itulah sedikit ulasan dan penjelasan mengenai cara cepat mengawinkan lovebird yang mudah dan bisa dilakukan oleh para pemula, Semoga ulasan dan penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk anda dan bisa digunakan sebagai bahan referensi khususnya untuk anda yang hobi ternak burung dan seorang penggemar berat burung jenis lovebird.


Kata kunci : cara menjodohkan lovebird, cara menjodohkan love bird, menjodohkan lovebird, cara menjodohkan burung lovebird, cara menjodohkan lb, cara mengawinkan lovebird, cara menjodohkan burung love bird, cara menjodohkan lovebird dengan cepat, agar lovebird cepat kawin, cara menjodohkan labet


0 Response to "Tips Cara Cepat Mengawinkan Lovebird"

Posting Komentar