3 Cara Cepat Menjodohkan Lovebird Bagi Pemula



Siapa sih yang tidak mengenal jenis burung yang satu ini, burung yang mempunyai wajah imut dan cantik yang membuat para kicauan terlena. Burung yang juga terdapat variasi warna yang menghiasi tubuhnya dengan membuat penggemar burung lovebird tidak bosan bosannya dalam memelihara jenis burung ini. Waktu awal-awal beternak lovebird banyak hal yang perlu anda ketahui sebelum terjun dalam penangkaran burung paruh bengkok ini, diantaranya adalah cara cepat menjodohkan indukan lovebird betina dan jantan.

Sebelum anda melakukan prosesi penjodohan dimulai, maka yang pertama kali harus dimengerti adalah jenis kelamin lovebird, jadi anda harus yakin dan memastikan bahwa ke 2 mempelai lovebird adalah berjenis kelamin ( jenkel ) jantan dan betina. Karena dalam banyak kasus khususnya untuk breeder pemula ditemukan melakukan perjodohan yang keliru, banyak kasus ternyata kita salah menjodohkan bisa jadi si jantan dan jantan atau betina dan betina yang kita jodohkan. Kasus ini sering dialami penangkar lovebird, khususnya pemula. setelah lama menunggu ternyata dua induk yang sudah berpasangan cukup lama, sering bercumbu, namun tak kunjung bertelur rupanya kedua induk berjenis kelamin jantan.

Kasus lainya adalah kita menemukan telur di sarang burung lovebird atau glodok mungkin bertelur sampai 6-8 telur begitu senang pastinya, tetapi setelah ditunggu sekian lama ternyata telur tak kunjung menentas karena tidak dibuahi dengan sperma jantan karena kenyataanya jenis kelamin keduanya adalah betina dan betina.
Oleh karena itu sebelum breeder masuk ke proses penjodohan hendaknya pahami dahulu ciri perbedaan lovebird jantan dan betina sehingga breeder tidak salah melakukan penjodohan.

Setelah sobat mania yakin dengan calon pasangan tersebut maka sobat juga harus mengetahui usia atau umur dari calon indukan lovebird tersebut ( minimal lovebird sudah berusia 7 bulanan ) setelah semua jelas maka dapat menjodohkannya dengan secepat mungkin, agar sobat cepat menuai hasil produktifitasnya.



Cara menjodohkan lovebird tahap awal

Banyak breeder menggunakan metode perjodohan secara berkoloni dimana beberapa lovebird dimasukan didalam satu kandang untuk diamati tingkah lakunya karena pastinya diantara mereka pasti ada yang berjodoh jadi biarkan mereka mencari pasanganya masing-masing dan tentu saja ini membutuhkan waktu karena burung ini perlu mengenal satu sama lain jadi dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dari breeder semua.

Setelah beberapa hari terlihat ada pasangan lovebird yang cukup mesra biasanya lovebird yang sudah terlihat cocok ketika mereka saling mengelus ( merapihkan bulu ) tampak akur dan sangat terlihat jelas jika tidak ada kecocokan kalo mereka saling mematuk kaki pasanganya seakan marah ketika sekandang, jadi jika mereka terlihat cocok pisahkan mereka dari yang lain dan taruh mereka dalam satu kandang yang disekat.

Setelah kandang perjodohan sudah disiapkan, berikutnya memasukkan kedua burung dalam kandang secara terpisah. Pantau terus perkembangan pasangan burung itu biasanya burung mulai saling mendekat, beradu paruh, meski dengan gerakan terbatas (karena dibatasi sekat). Jika hal itu yang terjadi berarti proses perjodohan dilakukan secara baik.

Ritual Kawin Perjodohan Lovebird

Tahap berikutnya adalah ritual kawin dari si lovebird itu sendiri dimana tahap ini sangat menarik karena si lovebird terutama si jantan akan bertingkah aneh untuk menarik perhatian si betina. Si jantan akan memulai dengan tari-tarian yang memadukan gerakan tubuh dan kaki. Si jantan mencumbui si betina dengan menyuapinya. Terlihat seperti pasangan yang sedang berciuman. Semakin sering si jantan menyuapi, si betina segera akan mengembang-kan kedua sayapnya seolah-olah meyambut mempelai prianya. Lalu perkawinan pun segera berlangsung untuk waktu yang cukup lama karena pasangan lovebird sangat menikmati proses ini tidak salah lovebird adalah burung cinta sesuai dengan namanya.

3 Cara Cepat Menjodohkan Lovebird Bagi Pemula


Dari beberapa penangkar yang telah sukses dan juga dari pengalaman pribadi, bahwa cara mempercepat penjodohan adalah sebagai berikut;

1. Siapkan 2 sangkar bulat, dan taruh calon pasangan lovebird didalamnya secara terpisah dan dekatkan sangkat satu sama lainnya selama kurang lebih 3 harian.

2. Setelah tiga hari maka satukan lovebird tersebut pada satu sangkar bulat dan jangan lupa beri makan milet dan kangkung.

3. Setiap pagi dan sore mandikan ke duanya sampai basah kuyup, untuk pagi hari setelah mandi harus dijemur di terik matahari, untuk sore hari setelah mandi kurung harus dikerodong sampai pagi


Normalnya dalam waktu 4 harian lovebird sudah jodo satu sama lain, ditandai sudah saling loloh dan tidurnya selalu berdempetan, jadi butuh 1 mingguan atau 7 hari calon indukan lovebird untuk jodoh, namun apabila belum juga berjodoh maka perlu dipertanyakan jenis kelaminnya dan usianya.

Demikian pengalaman serta pengetahuan kami mengenai cara cepat agar lovebird berjodoh yang dapat kami infokan, semoga berguna untuk menambah wawasan anda sekalian.

0 Response to "3 Cara Cepat Menjodohkan Lovebird Bagi Pemula"

Posting Komentar