15 Cara Menurunkan Birahi Lovebird Paud Dengan Mudah





Paud merupakan istilah dari lovebird anakan atau remaja yang memang diambil dari pendidikan anak usia dini. Lovebird paud adalah lovebird yang umurnya masih dibawah 5 bulan yang saat ini sangat banyak diminati pencinta lovebird untuk diikuti dalam berbagai even, latpres dan juga latber di wilayah Indonesia.

Kelas lovebird paud ini menjadi kelas yang penting dalam mengasah mental seekor burung lovebird pada saat dewasa nanti. Lovebird masih bisa dikatakan paud ini juga bisa ikut dalam kelas balibu apabila umurnya masih dibawah 5 bulan. Namun sebagian gantangan juga ada yang memberikan batasan kelas paud dibawah umur 6 bulan.

Namun, lovebird paud juga seringkali memiliki masalah yang serupa dengan lovebird dewasa yakni birahi. Lalu, bagaimana cara menurunkan birahi lovebird paud terbaik yang bisa dilakukan agar kembali ke titik normal?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

1. Mandikan Dengan Air Dingin

Dari pengalaman para pemilik lovebird paud, cara menurunkan birahi lovebird betina atau jantan paud ataupun lovebird dewasa bisa dilakukan secara perlahan ataupun dengan memandikannya pada malam hari memakai air es yang biasanya akan dilakukan menjelang lomba. Hal ini dilakukan karena menjelang lomba, lovebird paud akan diberikan extra food yang bisa meningkatkan birahi dari lovebird paud sehingga harus dimandikan dengan air es untuk menormalkan kadar birahinya tersebut. Jika ingin mencoba cara ini, pastikan dilakukan saat cuaca sedang baik supaya tidak menimbulkan risiko yang tidak diinginkan.



2. Tambahkan Mentimun Penurun Birahi

Cara kedua yang juga sering dilakukan pemilik lovebird paud untuk menurunkan birahi adalah dengan memberikan mentimun karena kandungan air yang tinggi dan berguna untuk mendinginkan tubuh lovebird. Kegunaan lain dari memberikan mentimun pada lovebird adalah bisa menurunkan birahi pada lovebird paud atau lovebird dewasa. Jika lovebird anda tidak menyukai mentimun, maka mentimun bisa di blender lalu dicampur ke dalam wadah minum atau dicampur dengan millet putih.

3. Embunkan Dengan Teratur

Seperti halnya lovebird dewasa, lovebird paud yang sedang birahi juga harus diberikan perawatan yang ideal yakni dengan mengembunkan lovebird setiap pagi sekitar jam 6 pagi supaya lovebird bisa lebih rajin ngekek seperti cara menjinakkan kacer semi. Kemudian dilanjutkan dengan memandikan lovebird yang bisa dilakukan dengan dua cara yakni mandi subuh atau mandi saat pagi hari pada jam 7. Pilih salah satu cara memandikan lovebird ini sebab tidak bisa dilakukan keduanya secara bersamaan.

4. Jemur Sebentar

Pada saat memandikan, lovebird paud akan drop sehingga menjemur hanya dilakukan cukup sebentar saja yakni sekitar 15 hingga 30 menit. Namun jika birahi lovebird paud yang anda miliki masih tergolong rendaj, maka penjemuran bisa dilakukan selama 1 hingga 2 jam yang kemudian dilanjutkan kembali dengan diangin anginkan pada tempat teduh selama 15 hingga 30 menit lalu di kerodong dan ditempatkan pada tempat yang tenang.

5. Perbanyak Jadwal Mandi

Jika birahi lovebird paud memang sangat tinggi, maka sangat dianjurkan untuk lebih sering dimandikan yakni setiap pagi dan sore bahkan bisa ditambah jika memang diperlukan seperti cara memelihara burung murai. Selain pagi dan sore hari, lovebird paud yang sedang birahi juga bisa dimandikan pada siang atau malam hari yang berguna untuk menyegarkan pikiran burung dan tidak terbebani dengan stress karena birahi tinggi tersebut.

6. Tempatkan Pada Kandang Umbaran

Menempatkan lovebird paud yang sedang birahi dalam kandang umbaran juga menjadi salah satu metode paling ampuh untuk menurunkan birahi tinggi. Cara ini juga sangat mudah dilakukan dan hasilnya juga langsung terlihat dengan jelas. Guna dari menempatkan lovebird dalam kandang umbaran adalah untuk membantu memperpanjang nafas kandang dan menurunkan lemak pada tubuh lovebird.



7. Berikan Millet Putih

Lovebird paud yang sedang birahi tinggi juga bisa diberikan millet putih yang sangat ampuh untuk menurunkan over birahi pada lovebird paud tersebut. Millet putih ini juga bisa diberikan untuk cara menjinakkan lovebird muda yang baru anda beli.

8. Hindari Pemberian Kangkung dan Jagung

Kangkung dan juga jagung merupakan extra food burung lovebird yang tinggi akan nutrisi dan bisa menyebabkan burung birahi jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Pada saat lovebird paud sedang birahi, maka hentikan dulu pemberian kedua jenis extra food ini sampai birahi burung bisa kembali stabil. Selain itu, kurangi juga pemberian extra food tinggi protein lainnya atau lebih baik jangan diberikan sama sekali untuk menurunkan birahi dengan cepat.

9. Kerodong Burung Lovebird

Pengkerodongan burung lovebird paud pada saat sedang birahi bisa dilakukan siang hari saat lovebird sedang beristirahat yang juga biasa dilakukan sebagai cara mengobati snot pada lovebird

Akan tetapi, sebaiknya hindari full kerodong pada saat siang hari dan cukup lakukan full kerodong pada saat malam hari saja dimana malam hari adalah waktu lovebird untuk beristirahat sepenuhnya.

10. Berikan Pasangan Tanpa Glodok

Cara selanjutnya yang sering dilakukan pemilik lovebird paud yang sedang birahi adalah memberikan pasangan pada lovebird birahi dalam satu sangkar namun tanpa glodok. Sedangkan untuk cara lainnya bisa diberikan hanya glodok saja namun tanpa pasangan.

11. Berikan Gabah Bangkok

Gabah bangkok yang umumnya diberikan pada ayam petarung dan burung pemakan biji bijian seperti merpati, puter dan perkutut ini juga ternyata sangat berguna untuk menurunkan birahi lovebird paud. Ada beberapa kandungan mineral dan vitamin penting dalam gabah bangkok seperti fosfor, zat besi, magnesium, natrium, vitamin A, B1, B2, B6, C daan juga E.

Semua kandungan penting ini tidak hanya sangat bagus untuk meningkatkan stamina lovebird dan membuat suaranya lebih kencang sehingga bisa diberikan dalam cara ternak lovebird koloni, namun juga sangat ampuh untuk mengontrol birahi. Untuk jenis gabah bangkok sendiri bisa diberikan baik gabah merah atau putih secara teratur.

Sebelum diberikan pada lovebird, gunakan gabah berkualitas dan rendam dalam wadah berisi air dan pilih gabah yang tenggelam karena berkualitas paling baik, sedangkan yang mengambang harus dibuang karena tidak berisi. Jemur gabah dibawah terik matahari dan jika sudah kering bisa dicampur dengan pakan biji bijian lainnya seperti millet putih. Untuk porsinya sendiri jangan terlalu berlebihan yakni sebanyak 10 hingga 20 butir saja yang bisa diberikan setiap hari.



12. Ramuan Penurun Birahi Lovebird

Selain menggunakan beberapa cara yang sudah disebutkan diatas, menurunkan birahi lovebird paud juga bisa dilakukan dengan membuat pakan sendiri untuk menurunkan birahi tersebut. Masukkan beberapa lembar daun kemangi dalam air panas dan biarkan hingga dingin.

Saring air kemangi tersebut dan berikan pada lovebird sebagai pengganti minum. Selain diberikan sebagai pengganti minuman lovebird, air kemangi juga bisa digunakan pada saat memandikan lovebird karena juga bisa menstabilkan birahi lovebird paud.

13. Hindari Menyemprot Lovebird

Saat sedang memandikan lovebird, hindari juga menyemprot lovebird karena menyemprot burung lovebird pada saat mandi bisa lebih meningkatkan birahi burung tersebut. Cara terbaik saat memandikan lovebird adalah menggunakan keramba yang dalam air mandinya juga sudah ditambahkan dengan sampo jati jajar.

Sampo ini merupakan sampo multifungsi yang tidak hanya melembutkan bulu, membunuh kuman dan kutu serta membersihkan kandang dan aksesoris burung saja yang juga bisa digunakan dalam cara beternak burung parkit, namun juga mengandung lidah buaya dan kandungan lainnya yang juga bisa menurunkan birahi lovebird.

14. Tambahkan Kayu Manis

Memberikan kayu manis pada lovebird paud yang sedang birahi memang belum banyak dilakukan pencinta lovebird. Namun jika lovebird sedang birahi dan tidak bisa menemukan pasangan yang tepat, maka umumnya lovebird akan melampiaskan birahinya tersebut pada gestang atau mengawini tangkringan.

Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan kayu manis berdiameter sekitar 7 sampai 8 cm dan panjang 20 cm yang bisa diletakkan pada bagian dasar sangkar burung atau digantung untuk menghilangkan kebiasaan buruk saat lovebird sedang birahi. Lovebird ini nantinya akan lebih sibuk mematuk kayu manis tersebut dibandingkan melampiaskan birahinya. Jika selama beberapa hari lovebird sudah terlihat tidak mengawini tangkringan, maka kayu manis bisa dikeluarkan dari sangkar.

15. Kawinkan Lovebird

Jika semua cara diatas belum bisa menurunkan birahi lovebird paud, maka satu satunya cara memelihara burung lovebirdpaud yang sedang birahi adalah dengan mencarikan pasangan yang pas untuk lovebird tersebut. Pilih pasangan yang sudah dewasa dan siap untuk kawin sebab jika lovebird sudah over birahi maka terkadang cukup sulit untuk mencarikan hodoh. Lovebird jantan akan lebih tidak peduli pada pasangan dan terus melakukan kebiasaan buruknya yakni mengawini tangkringan.


Demikian ulasan yang bisa kami berikan kali ini tentang beberapa cara menurunkan birahi lovebird paud yang bisa anda praktekkan di rumah. Semoga beberapa cara diatas bisa membantu menurunkan birahi lovebird kesayangan anda khususnya kebiasaan buruk mengawini tangkringan